Rabu , 28 Juni 2017
Home / Kabar Sekolah / MAN Yogyakarta 1 Buka Program MAN PK di tahun 2017
MAN Yogyakarta 1
MAN Yogyakarta 1

MAN Yogyakarta 1 Buka Program MAN PK di tahun 2017

Edupost.ID – Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta (MAN Yogyakarta) 1 saat ini tengah mempersiapkan diri menjadi Madrasah Aliyah Negeri Program Khusus (MAN PK). Program ini akan direalisasikan pada tahun pelajaran 2017/2018. Dalam program ini, siswa akan mendapat penguatan materi keagamaan dan bahasa, khususnya Bahasa Arab dasn Bahasa Inggris dengan menerapkan sistem boarding.

Program ini dibuat oleh Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Madrasah Ditjen Pendidikan Islam sebagai revitalisasi MAN PK yang diprakarsai Menag Munawir Sadzali di tahun 1987. Revitalisasi MAN PK sebagai bentuk upaya kemenag untuk mencetak kader ulama di masa depan.

Waka Humas MAN Yogyakarta 1, Hartiningsih, menyambut baik dipilihnya madrasah unggulan Yogyakarta ini untuk membuka program MAN PK. Untuk itu, pihaknya tengah serius mempersiapkan diri dengan melengkapi sarana prasarana pendidikan.

“Kami mendapatkan dana dua milyar untuk revitalisasi program ini. Kami gunakan untuk membangun tiga ruang kelas baru,” ujar Aning kepada Edupost.ID, Jumat (6/1).

Selain ruang kelas, pihak madrasah juga akan menyiapkan asrama untuk siswa. Asrama yang sudah ada akan ditingkatkan lagi kapasitasnya untuk dapat digunakan oleh siswa program khusus ini.
Rencananya, hanya ada 24 siswa putra yang akan diterima sebagai siswa program khusus di MAN Yogyakarta 1. Semua akan mendapat beasiswa operasional dari pemerintah selama tiga tahun.

“Yang diterima 24 siswa putra, akan mendapat beasiswa operasional dengan syarat harus mau tinggal di asrama. Nantinya akan dibuat surat perjanjian siap tinggal di asrama. Pendaftarannya secara online yang akan dikelola oleh Kemenag, tapi seleksinya langsung di madrasah pilihan,” terang Aning.

Ditambahkan Aning, pendaftar yang tertarik mengikuti program ini dapat berasal dari seluruh daerah di Indonesia. Hanya saja, seleksi pendaftaran sangat ketat karena diharapkan akan menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Revitalisasi MAN PK tahun ini akan dilaksanakan di 10 madrasah se Indonesia. Madrasah – madrasah itu antara lain di Jember, Jombang, Surakarta, Yogyakarta, Ciamis, dan Padang Panjang. Di Yogyakarta, hanya MAN Yogyakarta 1 yang ditunjuk oleh Kemenag.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *