Minggu , 17 Desember 2017
Home / Kabar Sekolah / MAN Yogyakarta 1 Wakili DIY dalam Lomba Perpustakaan Nasional

MAN Yogyakarta 1 Wakili DIY dalam Lomba Perpustakaan Nasional

Edupost.ID – Sejak diumumkannya MAN Yogyakarta 1 sebagai pemenang Lomba Perpustakaan tingkat SLTA negeri/swasta se-DIY pada 8 Juni 2015 lalu, civitas sekolah ini mempersiapkan segala yang dibutuhkan agar perpustakaan menjadi nomor satu di Indonesia. MAN Yogyakarta 1 mendapat nilai tertinggi yakni 676 dan akan mewakili DIY dalam Lomba Perpustakaan Nasional.

Sedangkan di urutan kedua yaitu MAN II Wates, SMKN 1 Bantul, SMKN 2 Yogyakarta, dan urutan kelima SMAN 1 Pundong.

Persiapan yang dilakukan antara lain mengenai sarana-prasarana, manajemen, SDM, koleksi, dan penataan ulang (desain dan layout) ruangan. Selain pegawai perpustakaan, ada juga pegawai TU dan segenap warga MAN Yogyakarta 1 yang turut serta berbenah.

“Tambah ruang pengolahan dan kepala perpus,” ujar Herastuti, pegawai perpustakaan yang ditemui Edupost.ID.

Hera juga menjelaskan, akan ada pojok Jogjasiana, yaitu tempat pelajar bisa mencari tahu tentang Jogja dan budaya. Selain itu, akan ada buku-buku mengenai Jogja, display alat membatik, dan lain-lain.

Saat ini koleksi buku perpustakaan MAN Yogyakarta 1 mencapai lebih dari 6.000 judul. Buku-bukunya meliputi novel fiksi, kisah inspirasi, psikologi, motivasi, keagamaan, dan lainnya. Perpustakaan ini juga berlangganan tiga majalah dan lima koran.

Selain pengadaan bacaan, perpustakaan ini juga membuat berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kepenulisan. Diantaranya mengundang Bu Mus, tokoh guru Laskar Pelangi sebagai pembicara. Ke depan perpustakaan juga akan menggelar jumpa penulis, jumpa tokoh, dan pelatihan kepenulisan.

Selain mempersiapkan untuk maju ke tingkat nasional, juga untuk akreditasi perpustakaan. “Moga-moga mendapatkan hasil yang terbaik dan yang paling penting bermanfaat buat anak-anak MAN 1,” harap Hera. (Nurfi)

Check Also

KPAI Temukan Buku IPS Soal Yerussalem selain Penerbit Yudistira

Edupost.id – Buku IPS yang memuat konten bertuliskan “Ibukota Israel adalah Yerussalem” ternyata tidak hanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *