Kamis , 19 Januari 2017
Home / Kabar Sekolah / MANSA Buka Pendaftaran Jalur Prestasi

MANSA Buka Pendaftaran Jalur Prestasi

Edupost.Id, Yogyakarta – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Yogyakarta 1 atau MANSA sudah membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2016/2017 jalur prestasi. PPDB jalur prestasi sudaj dibuka sejak 4 Januari, dan akan ditutup pada 30 Maret medatang.

“Kita dapat amanah dari Kanwil (Kemenag DIY). Karena kita adalah rintisan madrasah unggulan, kita diperkenankan membuka pendaftaran lebih awal. Tujuannya agar lebih selektif menerima siswa,” ungkap Wakil Kepala Bidang Humas MANSA, Hartingsih di ruang kerjanya Jumat lalu.

Guru yang biasa dipanggil Aning ini menjelaskan, ada tiga jalur prestasi yang dibuka. Ketiga jalur itu adalah Jalur Akademik, Jalur Tahfidz (Hafal Al Quran), dan Jalur Undangan.

Untuk mendaftar melalui jalur prestasi, panitia memberlakukan persyaratan umum dan khusus. Persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh calon siswa adalah nilai UN SD minimal 25,00 yang dibuktikan dengan SHUN asli. Selain itu calon siswa juga harus membawa foto kopi raport SMP semester 1 hingga semester 5. Dan yang tidak kalah penting, calon siswa juga harus dapat membaca Al Quran dengan baik.

Selain itu, panitia juga memberlakukan syarat khusus bagi calon siswa. Jalur prestasi tahfidz, calon siswa diwajibkan hafal minimal 7 juz. Sedangkan jalur prestasi akademik menyaratkan nilai minimal untuk mapel tertentu sesuai jurusan yang akan dipilih. MANSA memiliki jurusan IPA, IPS, Agama, dan Bahasa.

Berdasarkan data panitia, hingga Jumat (4/2) pagi sudah ada 58 calon siswa yang mendaftarkan diri. Sementara kuota yang dibuka hanya 60 kursi. “Sebagian besar yang daftar jurusan IPA,” kata Aning.

Calon siswa yang sudah terdaftar akan dipnggil untuk mengikuti seleksi pada 31 Maret 2016. Materi seleksi meliputi seleksi Baca Tulis Al Quran (BTQ) dan seleksi wawancara. Khusus yang mendaftar melalui jalur tahfidz akan diuji hafalannya.

Selain jalur prestasi, MANSA masih akan membuka PPDB reguler. Jadwal pendaftarannya menyesuaikan dengan jadwal PPDB Kota Yogyakarta. Kursi yang disediakam melalui jalur reguler adalah 180 kursi. (Andi)

Check Also

Mahasiswa UGM Ikuti Asian Waterbirs Cencus

Lestarikan Burung, Enam Mahasiswa UGM Ikuti AWC

Edupost.id – Enam mahasiswa pecinta alam Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM), Mapala Silvagama, turut …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *