Minggu , 26 Maret 2017
Home / Kabar Sekolah / MANSA Satu-Satunya Madrasah Peraih Emas di OPSI

MANSA Satu-Satunya Madrasah Peraih Emas di OPSI

Edupost.ID, Yogyakarta – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Yogyakarta 1 atau yang dikenal dengan MANSA memastikan diri sebagai satu-satunya madrasah yang memperoleh medali emas pada ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2015. Kepastian ini diperoleh setelah pengumuman perolehan medali pada babak final OPSI 2015 di Surabaya.

“MANSA memang satu-satunya madrasah yang memperoleh medali emas dalam OPSI tahun ini, “ ujar Waka Kesiswaan sekolah setempat, Singgih Sampurno.

Hasil ini menurut Singgih sangat membanggakan sekolahnya. Singgih mengaku bersyukur dangan prestasi siswanya ini. Pada ajang olimpiade bergengsi ini MANSA memperoleh satu medali emas dan satu medali perunggu. Medali emas diraih Roqi Reflanska Bintang Mahardika dan Salma Jihan Noviarini melalui karya Asam Laktat Yoghurt dan limbah Nata ; Potensi sebagai Kaca Film Hidrofobik. Sementara, medali perak diraih oleh Hana Nanifah Isnaini dan Trixie Azharini Ambarini melalui penelitian berjudul Nutri D: Pengaruh Pemberian Variasi Pakan terhadap Pertumbuhan Kutu Air.

Ditambahkan Singgih, prestasi siswanya ini menunjukkan, madrasah juga tidak kalah dengan SMA. Karena, di DIY perolehan MANSA hanya berada di urutan ke dua setelah SMAN 3 Yogyakarta.

Nur Fathurrahman, pembimbing penelitian MANSA mengungkapkan, kualitas penelitian siswa bimbingannya cukup baik. Hanya saja waktu yang cukup singkat cukup menghambat proses penelitian biologi, sehingga untuk biologi hanya puas memperoleh perak.

Yang lebih membanggakan, menurut Nur Fathurrahman, tim MANSA mendapat pujian dari tamu yang hadir di lokasi final OPSI. “MAN Yogyakarta 1 adalah madrasah yang impresif,” kata FAthurrahman menirukan ucapan tamu ketika melihat gelaran poster MANSA.

Peraih medali pada OPSI tahun ini akan diikutkan seleksi untuk mewakili Indonesia dalam ajang International Science Project Olympiad (ISPRO) dan Intel-International Science Engineering Fair (Intel-ISEF). (Andi)

Check Also

Menteri-Agama-Lukman-Hakim-Saifuddin

Menag Dorong Kepala Madrasah agar Lebih Inovatif

Edupost.id – Kualitas pendidikan madrasah terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Walau demikian, Menag Lukman Hakim Saifuddin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *