Minggu , 28 Mei 2017
Home / Kabar Sekolah / Mesin Padi Karya Siswa SMK Ponorogo Sudah Diproduksi 200 Unit

Mesin Padi Karya Siswa SMK Ponorogo Sudah Diproduksi 200 Unit

Edupost.ID – Sebuah mesin panen padi tertata rapi di salah satu stand Pameran Pendidikan yang dihelat Kemdikbud di halaman Stadion Mandala Krida Yogyakarta pada 22-24 Mei 2015. Mesin ini merupakan karya siswa SMK PGRI 2 Ponorogo jurusan teknik permesinan.

Reno, siswa SMK PGRI 2 Ponorogo menjelaskan bahwa dengan mesin ini, petani dapat memanen padi lebih cepat dan mudah. Mesin ini memisahkan gabah dan jerami. Hanya dibutuhkan 2 orang untuk memanen padi. Satu orang bertugas menjalankan mesin dan satu lagi mengganti karung.

“Satu hektar 9 jam. Perjam hanya menghabiskan 0,6 liter solar,” tutur Reno yang ditemui Edupost.id di pameran pendidikan, Sabtu (23/5).

Kekurangannya, lanjut Reno, belum dapat memanen padi yang ambruk karena hujan atau angin. Akan tetapi, padi yang basah bisa diolah mesin ini.

Reno menambahkan, mesin ini sudah dihakpatenkan. Selanjutnya mesin ini akan terus diperbanyak. Harapan Reno, bisa membuat mesin atau suku cadangnya sendiri, karena selama ini masih membeli dari luar.

Harga mesin ini 75 juta rupiah. Mesin ini sudah diproduksi sebanyak 200 unit. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkannya bisa menghubungi PT Jogja Inovasi Teknologi atau SMK PGRI 2 Ponorogo. (Nurfi)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *