Minggu , 24 September 2017
Home / Kabar Sekolah / MOPD SMKI Yogyakarta, Siswa Wajib Pakai Ikat Kepala Batik

MOPD SMKI Yogyakarta, Siswa Wajib Pakai Ikat Kepala Batik

Edupost.ID, Bantul – Seluruh siswa peserta Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) di SMKN 1 Kasihan Bantul (SMKI Yogyakarta) diwajibkan memakai ikat kepala batik. Hal ini dimaksudkan sebagai simbol bahwa SMKI sangat menjunjung budaya Jawa. Demikian dikatakan Mimin, Panitia MOPD SMKI Yogyakarta kepada Edupost.ID.

“Ikatnya kan batik, itu sebagai simbol budaya Jawa. SMKI kan juga sekolah seni yang sangat menjunjung seni budaya Jawa,” ujarnya.

Selain ikat kepala, peserta MOPD SMKI juga diwajibkan membuat atribut lain yang mudah dibuat dan didapat. “Mereka harus membuat cocard yang ada fotonya. Untuk putra memakai kertas warna biru, untuk putri memakai kertas pink,” kata Mimin. Peserta juga diwajibkan membawa koran bekas. Menurut Mimin, koran yang terkumpul akan dijual, dan hasilnya akan digunakan untuk membiayai kegiatan siswa.

Ardani, waka kesiswaan sekolah setempat juga menegaskan hal yang sama. Menurutnya, ikat itu akan menjadi ciri khas SMKI. “Dari pada harus memakai topi balon yang tidak ada maknanya, kan lebih baik memakai ikat kepala. Ikatnya kan murah, dan bisa dipakai terus oleh siswa ketika pentas,” ujarnya. Selain itu, Ardani menambahkan, bahwa ikat batik juga sebagai simbol kebudayaan Jawa yang harus dijunjung. (Andi)

Check Also

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Mahasiswa UNY Ciptakan Media Pembelajaran Mitigasi Anak SD

Edupost.id – Tim mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil menciptakan inovasi media pembelajaran mitigasi bencana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *