Rabu , 18 Januari 2017
Home / Kabar Sekolah / OPSI 2015, SMAN 3 Yogyakarta Kirim 8 Karya ke Final

OPSI 2015, SMAN 3 Yogyakarta Kirim 8 Karya ke Final

Edupost.Id, Yogyakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah merilis data finalis Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tahun 2015. Dari daftar tersebut, SMAN 3 Yogyakarta berhasil mengirimkan 8 karya ke babak final.

Karya-karya itu terdiri dari 2 bidang IPS dan 6 bidang IPA. Petugas Urusan Lomba SMAN 3 Yogyakarta, Didik Purwaka mengemukakan hal itu di sekolahnya, Jumat (25/9).

Ditambahkan Didik Purwaka, jumlah karya penelitian yang lolos ke final tahun ini meningkat dibanding tahun yang lalu. “Tahun 2014 kita mengirimkan 6 karya ke final, tahun ini ada 8,” katanya.

Untuk bidang IPS, makalah yang lolos berjudul Candi Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran Puncak Kepedulian Budaya Jawa oleh Schmutzer dan Perannya dalam Evolusi Religius Paroki Ganjuran yang ditulis oleh Petra Elsa Muliawati. Karya lain di bidang yang sama adalah Pengaruh Pola Asuh Oangtua terhadap Pengambilan Keputusan Siswa Kelas XI Tahun Ajaran 2014/2015 dalam memilih Kegiatan Non Akademik di SMA Negeri 3 Yogyakarta yang ditulis oleh Bedwina Regitadella dan Elisa Kesuma Dewanti.

Untuk bidang IPA, karya yang lolos berjudul Ekstrak Biji Pinang sebagai Anti Cacing Ascaridia Galli pada Ayam, oleh Alfi Rizky Kartika Rati dan Adinda Septianingtyas, Saklar Klenik oleh Muhammad Faiz Abdurrahman dan Zufar Hilmy Pratyaksa, Filtranik (Filter Air Organik) oleh Azelia Alma Shafira dan Faatihah Cahaya Ningrat Siregar, Kaca Mata Duitan oleh Quinita Maria Jose Noronha dan Sepvina Muktikasari, Beronding (Beras Koro Glinding sebagai Sumber Alternatif Beras Padi) oleh Auliana Hayu dan Fara Azmiarrizqi, dan Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil tentang Perawatan Kehamilan dengan Frekuensi Pemeriksaan Kehamilan di Puskesmas Candiroto Temanggung oleh Monika Ariesta dan Nuryafitri Muditusari.

Para finalis selanjutnya akan mempresentasikan hasil penelitiannya di hadapan dewan juri pada 11-16 Oktober di kampus Universitas Airlangga Surabaya. Sebelum menuju ke babak final, sejumlah persiapan akan dilakukan oleh SMAN 3 Yogyakarta. “Kami akan menyempurnakan makalah, pengolahan data di laboratorium, persiapan poster, persiapan presentasi, dan persiapan daya dukung presentasi”, ujar  Didik Purwaka.

Ditanya tentang target pada tahun ini, Didik menjawab santai. “Kita tidak pernah memasang target, yang penting melakukan yang terbaik,” katanya. (Andi)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran Bidikmisi 2017 Sudah Dibuka

Edupost.ID – Proses pendaftaran Bidikmisi 2017 mulai dibuka. Bidikmisi merupakan program bantuan biaya pendidikan bagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *