Senin , 26 Juni 2017
Home / Kabar Sekolah / Pameran Lukis SMSR Yogyakarta, Petugas Berbusana Adat Jawa

Pameran Lukis SMSR Yogyakarta, Petugas Berbusana Adat Jawa

Edupost.ID, Yogyakarta—Tembi Rumah Budaya Yogyakarta sore ini, (27/4) di isi oleh orang-orang berbusana Jawa Gagrak Ngayogyakarta. Semua pengisi acara mulai dari MC hingga para pengisi sambutan berbicara dengan Bahasa Jawa halus.

Sambutan diisi oleh Kepala Sekolah SMKN 3 Kasihan Bantul (SMSR Yogyakarta), Kabid Dinas Pendidikan Menengah dan Nonformal, dan Bupati Bantul yang diwakili oleh Asisten Sekretaris Administrasi Umum Kabupaten Bantul.

SMKN 3 Kasihan, Bantul, mengadakan pameran lukis tradisional ‘Nguri-uri’ yang dibuka pukul 16.00 WIB. Setidaknya 31 karya siswa-siswi SMKN 3 yang berupa lukisan wayang dipamerkan. Pameran ini digelar hingga tanggal 3 Mei 2015.

“Pameran ini khusus tentang seni lukis tradisional,” kata Kepala Sekolah SMKN 3 Kasihan, Bantul, Rakhmat Supriyono ketika ditemui usai pembukaan.

Bertindak sebagai pembuka pameran, Sunarto, Asisten Sekretaris Administrasi Umum Kabupaten Bantul. Sunarto memukul gong dan mendapat cindera mata yang diserahkan langsung oleh Kepala Sekolah SMKN 3 Kasihan, Bantul.

Kepala Sekolah SMKN 3 Kasihan, Bantul, Rakhmat Supriyono dalam sambutannya menjelaskan bahwa pameran karya lukis khusus genre tradisional jarang diadakan di Yogyakarta, maupun Indonesia.

Jumlah pelukis yang menggeluti gagrag tradisional dapat dihitung jari. Melihat fenomena itu, pameran ini menjadi istimewa. Jika disimak lebih dalam, kita dapat terbawa ke fantasi-fantasi dunia wayang yang absurd dan dreaming.  (Nurfi)

Check Also

U-Torc, Pembalut Ramah Lingkungan Inovasi IPB

U-Torc, Pembalut Ramah Lingkungan Inovasi IPB

Edupost.id – Pembalut sebagai barang ekonomi merupakan benda yang permintaannya selalu kontinyu dari waktu ke …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *