Kamis , 25 Mei 2017
Home / Kabar Sekolah / Pameran Tugas Akhir SMKN 5, Bersemangat Holopis Kuntul Baris
smkn 5 yogyakarta
SMKN 5 Yogyakarta

Pameran Tugas Akhir SMKN 5, Bersemangat Holopis Kuntul Baris

Edupost.id, Yogyakarta – Pameran Tugas Akhir SMKN 5 Yogyakarta kembali digelar tahun ini. Pameran yang dihelat untuk kali ketiga ini, digelar pada Jumat-Minggu (15-17/4) di Jogja Nasional Museum, dengan mengusung tema ‘Holopis’. Pameran ini menyuguhkan sedikitnya 400 karya siswa yang berbentuk seni kriya, lukis, fotografi, kayu, keramik, tekstil, dan animasi.

Wakil Ketua Panita Pameran Tugas Akhir, Faishal, menjelaskan kepada Edupost.id tentang makna tema pameran ini. “Kata Holopis berasal dari ‘Holopis Kuntul Baris’, merupakan peribahasa Jawa yang artinya ‘Saiyeg Saeka Praya’ yaitu bebarengan mrantasi gawe,” terang Faishal di sela-sela pameran.

Dikatakan Faishal, tema ini membawa semangat gotong royong, kebersamaan, dan kesamarataan. Bersama-sama menjunjung nama baik diri sendiri, dan sekolah. Holopia kuntul baria adalah sama dalam rata, melebur dalam satu wadah antara cita – cita dan tujuan hidup yang lebih baik. “Bersama-sama dalam tiga tahun terakhir di sekolah dan bersiap untuk terjun ke dunia luar yang akan kami hadapi setelah ini,” terang Faishal.

Karya yang dipamerkan merupakan hasil karya siswa kelas XII dari tujuh jurusan, yakni Animasi, Desain Produksi Kriya Tekstil, Desain Produksi Kriya Kayu, Desain Produksi Kriya Keramik, Desain Produksi Kriya Kulit, Desain Produksi Kriya Logam, dan Desain Komunikasi Visual.

“Masing-masing siswa mengirimkan satu karya,” imbuh Faishal.

Selain menyuguhkan beragam karya seni hasil olah tangan siswa, pameran ini juga menyuguhkan hasil karya guru sekolah ini. Namun, porsi karya para guru memang lebih sedikit dibanding karya siswa. (Andi)

 

 

 

 

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *