Rabu , 24 Mei 2017
Home / Kabar Sekolah / Pelajar SMK YMIK Jakarta Geluti Stand-Up Comedy
Anan, siswa di SMK YMIK Jakarta Barat yang sedang menggeluti stand-up comedy.

Pelajar SMK YMIK Jakarta Geluti Stand-Up Comedy

Edupost.id, Jakarta – Fenomena standup comedy sudah merambah baik di golongan dewasa sampai pelajar. Standup comedy merupakan jenis komedi monolog yang biasanya dilakukan satu orang di atas panggung. Salah satu pelajar yang menggemarinya yaitu siswa di SMK YMIK Jakarta Barat. Melalui stand-up comedy, ia membagi pengalamannya dengan candaan.

Stand-up itu seru dan keren juga karena dari stand-up kita bisa membuat seseorang tertawa dan bisa menstransfer informasi keluh kesah hidup kita dan pola pikir kita” ujar siswa SMK YMIK, Anan.

Anan mengungkapkan, mempelajari stand-up comedy tidak terlalu sulit. Namun, perlu keseriusan aga mampu menjadi komika yang sukses. Seorang komika harus jeli dalam menangkap fenomena di sekitarnya untuk dijadikan materi dalam stand-up comedy. Dalam materinya sendiri terdapat lelucon.

Joke itu terdiri dari dua bagian, setup dan punch line. Satuan materi yang terdiri dari set-up dan punch line disebut dengan bit. Setup, bagian yang tidak lucu dari sebuah bit, biasanya premis atau pengantar dari bit tersebut ke bagian yang lucu. Punch line, bagian yang lucu cari sebuah bit,” jelasnya.

Menurutnya, perlu membalikan premis atau memberikan sesuatu yang mengejutkan sebagai penutup dari set-up atau premis. Punch line juga mampu memberikan efek kejutan. Materi perlu dan gerak tubuh harus dibuat sebagus mungkin agar penonton dapat tertawa.

“Saya bisa memanfaatkan waktu dan tidak membuangnya untuk kegiatan yang tidak jelas. Stand-up comedy merupakan bagian dari hidup saya dan saya harap semoga stand-up comedy Indonesia bisa semakin berkembang dan mampu mendidik masyarakat berpikir kritis demi kemajuan bangsa” jelasnya. (Nisa)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *