Sabtu , 25 November 2017
Home / Kabar Sekolah / Pemilos, Bentuk Pendidikan Berdemokrasi bagi Siswa
Pilkada
Ilustrasi. Pilkada

Pemilos, Bentuk Pendidikan Berdemokrasi bagi Siswa

Edupost.id – Salah satu bentuk pendidikan demokrasi siswa dilakukan dengan Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) layaknya Pemilu di tingkat negara. Hal inilah yang coba diterapkan di SMA/MA Kabupaten Bantul.

Salah satu sekolah pelaksana Pemilos serentak adalah MAN 3 Bantul. Bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bantul, sekolah ini menggelar Pemilos serentak belum lama ini.

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MAN 3 Bantul, Mulyantara mengatakan, Pemilos merupakan bagian dari pendidikan demokrasi, sehingga diharapkan Pemilos mampu memberikan pelajaran teknis rekruitmen pemimpin di tingkat sekolah. Untuk mengawali Pemilos, madrasah mengupayakan terpilihnya pemimpin yang berkualitas sehingga perlu dilaksanakan seleksi melalui kegiatan tersebut.

Dalam rangkaian Pemilos di MAN 3 Bantul digelar orasi dan debat kandidat ketua OSIS Bima Sakti MAN 3 Bantul periode 2017/ 2018 Selasa (5/9). Ada empat kandidat yang bertarung dalam Pemilois di madrasah ini, yakni Galan Vabriantoro, Annisa Rahmawati, Nur Ahmad Syafi’i dan Nur Laila Oktaviani.

“Pelaksnaan Pemilos juga melalui tahapan yang sama dengan pemilu yakni tahapan pemutakhiran, pencalonan, kampanye, pemungutan suara serta penghitungan,” pungkas Mulyantara.

Guru PKN MAN 3 Bantul, Nurrohmah, menambahkan, pesta demokrasi di kalangan siswa tersebut merupakan upaya madrasah untuk memberikan wawasan tahapan pemilu sesuai prosedur. Debat mengambil tema Menjadi Pemimpin Yang Mumpuni, Cerdas dan Tanggung Jawab.

“Kami berusaha memberikan pengalaman dan pemahaman yang tepat sehingga mereka bisa menjadi pemilih cerdas ketika sudah memenuhi syarat sebagai pemilih dalam pemilu di tahun tahun mendatang,” papar Nurrohmah.

Kepala MAN 3 Bantul, Ali Asmu’i mengatakan, penyelenggara Pemilos serentak. Diharapkan dengan pengenalan sistem demokrasi melalui Pemilos akan memberikan pemahaman yang tepat tentang arti pentingnya Pemilu. Pemilos juga merupakan upaya penanaman nilai nilai demokrasi kepada siswa, mengingat usia siswa SMA SMK dan MA merupakan pemilih pemula dalam Pemilu.

“Orasi dan debat yang dilaksanakan bisa menjadi tolok ukur kemampuan kandidat, karenanya pilihlah pemimpin yang memang bisa membawa kebaikan bagi siswa khususnya dan madrasah pada umumnya,” tegas Ali. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *