Sabtu , 22 Juli 2017
Home / Kabar Sekolah / Pemilu di Sekolah Ini, Bukan Nyoblos Tapi ‘Klik’ Website

Pemilu di Sekolah Ini, Bukan Nyoblos Tapi ‘Klik’ Website

Edupost.ID, Yogyakarta- Ada pemandangan menarik di halaman SMAN 3 Yogyakarta, seluruh siswanya tengah berkumpul untuk mengikuti pemilihan Ketua OSIS. Uniknya, pemilihannya tidak menggunakan kertas, melainkan website. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, para siswa tak perlu lagi mencoblos kertas namun cukup ‘mengklik’ kandidat yang tercantum di website.

“Karena kemajuan. Wifi-nya juga udah ditambah. Memanfaatkan sarana sekolah juga,” kata Sita, Ketua 2 MPK SMAN 3 menjelaskan alasan penggunaan website.

Kegiatan yang digelar pada Sabtu lalu (12/9) ini berlangsung ringkas berkat pemanfaatan website dalam proses pemilihan yakni dimulai pukul 09.30 sampai 14.00 WIB.

Sita menjelaskan, terdapat 8 orang kandidat ketua OSIS. Empat orang diantaranya berasal dari kelas X (sepuluh) dan empat lainnya kelas XI (sebelas). Bakal calon tidak harus berasal dari organisasi, tapi terbuka bagi yang berminat.

Sebelumnya ada 23 calon, kemudian diseleksi menjadi 13, dan terakhir 8 orang. Seleksinya meliputi tes tulis, wawancara, orasi, dan diskusi grub. Tahun ini sedikit berbeda, karena diskusi grub dibuat lebih sulit. Sebelumnya, para calon ketua OSIS telah melakukan kampanye. Media yang digunakan antara lain media massa, media sosial, poster, dan lain-lain.

Dalam orasinya, Reza, calon ketua OSIS, ingin memperjuangkan bidang non akademik. Hal ini dikarenakan di SMAN 3 sudah cukup baik bidang akademiknya. Sedangkan Arkan, calon ketua OSIS, lebih menginginkan keharmonisan antar ekstrakurikuler sesuai tema pemilu. Menurutnya, OSIS punya peran penting di sana.

Sedangkan, Septi, calon ketua OSIS, mempunyai keinginan, “membantu teman-teman di sini semua untuk mengembangkan bakat minat teman-teman.”

Pemilih tidak hanya dari siswa, akan tetapi guru dan karyawan juga dilibatkan. Sekitar 700 orang memilih hari ini. Hasil pemilu hari ini akan diumumkan besok Senin. Sita berharap pemimpin yang terpilih nantinya lebih baik. (Nurfi)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *