Jumat , 22 September 2017
Home / Kabar Sekolah / Peminat SBMPTN di SMAKBO Lebih Tinggi dari SNMPTN

Peminat SBMPTN di SMAKBO Lebih Tinggi dari SNMPTN

Edupost.ID, Bogor – Peminat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 di SMK – SMAK Bogor (SMAKBO) lebih tinggi dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinngi Negeri (SNMPTN) 2016. Hal tersebut dibenarkan dengan pernyataan dari guru Bimbingan Konseling (BK), Putri Qurratta Ainni.

“Peminat SBMPTN lebih banyak. Lebih banyak lewat jalur akademik daripada jalur non akademik atau bakat,” ujarnya kepada Edupost.ID, (21/1).

Putri menjelaskan siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi cukup seimbang dengan yang langsung bekerja. Sementara untuk jumlah peminatnya untuk tahun ini belum bisa dipastikan. Namun, untuk peminat dari dua tahun lalu sekitar 65 persen siswa memilih jalur SBMPTN dan 35 persen siswa memilih SNMPTN.

“Guru BK membebaskan anak untuk memilih jurusan. Tapi, kalau bisa disesuaikan dengan keahlian yang sudah dimiliki, supaya kesempatan untuk diterima di PTN lebih besar,” tambahnya.

Putri mengungkapkan, tidak sedikit orangtua murid datang untuk berkonsultasi dengan guru BK. Informasi saling ditukar antara guru BK dan orangtua. Selain itu guru BK membantu untuk menyatukan keinginan orangtua dan anaknya.

“Pergurua tinggi pilihan rata-rata siswa memilih IPB, ITS, ITB, UI, Undayana dan Brawijaya,” imbuhnya. (Nisa)

Check Also

kekerasan-seksual-anak

KPAI : Waspada! Kejahatan Seksual Makin Marak di Medsos

Edupost.id – Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pornografi dan Cybercrime, Margaret Aliyatul Maimunah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *