Kamis , 19 Oktober 2017
Home / Kabar Sekolah / Pendidikan Kita Harusnya Bukan Hanya Kejar Prestasi Akademik

Pendidikan Kita Harusnya Bukan Hanya Kejar Prestasi Akademik

Edupost.ID, Yogyakarta – Pendidikan kita masih dominan dengan pengajaran kognitif. Pelajar masih jarang diarahkan untuk mengembangkan bidang non akademik, sehingga hanya otak kirinya yang berkembang. SMAN 1 Yogyakarta mencoba menembus batas ini dengan mengadakan Event Artology.

Arthology, sebuah rangkaian kegiatan kesenian yang bertema Join Revolution, Ignite Rebellion. Revolusi berarti perubahan, setiap saat kita mengalami perubahan, dari negatif menjadi positif. Lukisan yang ada menjadi media perekam revolusi yang terjadi di sekitar kita.

“Pemberontakan di sini diartikan positif. Dalam bidang seni. Selama ini anak-anak terbelenggu yang namanya di SMA, hanya bidang akademik yang dikembangkan, sementara bidang seni dilupakan,” kata Marmayadi, Ketua Panitia Pengarah yang sekaligus Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Yogyakarta.

Selanjutnya Marmayadi menjelaskan ada siswa yang jago seni lukis, jago menari, dan lain-lain. Mereka kurang terwadahi selama ini. Pameran dan lomba-lomba seni Artology adalah event seni pertama yang diadakan SMAN 1 Yogyakarta.

“SMA 1 punya brand baru, yaitu memadukan semua talenta yang ada di SMA 1,” kata Marmayadi.

Marmayadi menjelaskan bahwa Artology memadukan antara seni lukis, bahasa, olahraga, vokal, band, komik, dan mural. Beragam lomba diadakan, mulai dari lomba untuk intern SMAN 1 Yogyakarta hingga ekstern.

Hal ini untuk melatih kepedulian sosial siswa SMAN 1 Yogyakarta. Pada hari Jumat (1/5) diadakan lomba komik di lingkungan pameran. Tema yang diangkat adalah ‘Ada Apa dengan Indonesia’.

Mengambil momen Hari Pendidikan Nasional, kegiatan ini diadakan di Benteng Vredeburg. Pameran diadakan selama 3 hari dengan puncak acara berupa pementasan teater tunggal yang akan dilaksanakan di hari yang berbeda, yaitu tanggal 13 Mei 2015 di Taman Budaya Yogyakarta. (Nurfi)

Check Also

Cara Mengajarkan Membaca kepada Anak dengan Cepat

Cara Mengajarkan Membaca kepada Anak dengan Cepat

Edupost.id – Kadang orangtua atau guru mengalami kesulitan dalam mengajarkan membaca kepada anak. Ada banyak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *