Senin , 21 Agustus 2017
Home / Kabar Sekolah / Perpustakaan MAN Yogyakarta 1 Raih Akreditasi A dan 10 Perpustakaan Terbaik Nasional

Perpustakaan MAN Yogyakarta 1 Raih Akreditasi A dan 10 Perpustakaan Terbaik Nasional

Edupost.Id, Yogyakarta – Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Yogyakarta 1 pada tahun ini mengikuti dua penilaian sekaligus, yaitu Akreditasi dari Badan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (BPN RI) dan penilaian Perpustakaan Sekolah dan Perguruan Tinggi Nasional. Dari kedua penilaian itu, perpustakaan ini menorehkan prestasi yang membanggakan.

Hartiningsih, Humas MAN Yogyakarta 1 mengatakan, tahun ini perpustakaan sekolahnya memperoleh Akreditasi A dari BPNRI. Sertifikat akreditasi secara resmi telah diserahkan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HAmengkubuwono X, Rabu (2/9). Acara berlangsung di Hotel Ina Garuda Yogyakarta bersamaan dengan acara Seminar Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca dan Musyawarah Nasional Pengurus GPBM Tahun 2015.

Perpustakaan ini, kata Aning, sapaan Hartiningsih,  telah lolos dalam seleksi sekolah yang layak untuk diakreditasi, bersama dengan 10 perpustakaan sekolah dan perguruan tinggi di DIY. Selain seleksi adsministrasi, perpustakaan kebanggaan warga MAN Yogyakarta 1 ini juga mendapat  kunjungan visitasi  dari Tim Akreditasi Perpustakaan Nasional pada Rabu (24/6) yang diketuai oleh Sudirman Hamid.

Musta’inatun, Kepala Perpustakaan MAN Yogyakarta 1 (MANSA) menyampaikan keberhasilan Perpustakaan MANSA mendapat nilai akrediatasi A merupakan salah satu bentuk legitimasi kualitas yang harus dijaga dan dikembangkan agar terus berkonstribusi membentuk generasi berkarakter positif, cerdas dan berbudaya. Lebih lanjut Musta’inatun menyatakan bahwa konsep perpustakaan MANSA tidak hanya sebagai sarana sumber belajar tapi juga sebagai pelejit jiwa sesuai dengan slogan MANSA “Enhancing intellectuality, creativity and spirituality”.

Selain penghargaan Akreditasi “A”, tahun 2015 ini Perpustakaan MAN Yogyakarta 1 juga berhasil lolos seleksi sebagai 10 perpustakaan sekolah terbaik dari 33 perpustakaan se Indonesia. Untuk menentukan tingkat kejuaraan maka selanjutnya Perpustakaan MANSA akan dikunjungi oleh tim assessor lomba perpustakaan sekolah nasional pada bulan Oktober nanti. (Andi)

Check Also

Telur itik kaya Antioksidan dan Omega 3

Telur Itik Inovasi IPB Ini Kaya Antioksidan dan Omega 3

Edupost.id – Tiga peneliti Institut Pertanian Bogor (Fapet IPB), Sumiati, Widya Hermana dan Arif Darmawan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *