Rabu , 29 Maret 2017
Home / Kabar Sekolah / Perpustakaan SMA Muhi Wakili DIY di Tingkat Nasional
Perpustakaan SMA Muhi Wakili DIY di Tingkat Nasional
Perpustakaan SMA Muhi Wakili DIY di Tingkat Nasional

Perpustakaan SMA Muhi Wakili DIY di Tingkat Nasional

Edupost.id, Yogyakarta – Perpustakaan SMA Muhammadiyah I (Muhi) Yogyakarta berhasil maju mewakili DIY dalam lomba perpustakaan jenjang SMA se-Indonesia tahun ini. Tiket ke tingkat nasional diraih setelah sekolah ini berhasil menjadi juara pertama lomba perpustakaan antar SMA/MA/SMK se-DIY yang digelar Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BAD) DIY beberapa waktu lalu di Grhatama Pustaka.

Kepala SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Tri Ismu Husnan Purwono menuturkan, perpustakaan sekolah sejatinya memiliki banyak peranan dalam proses pembelajaran di setiap satuan pendidikan. Untuk itu, pihaknya ingin mewujudkan perpustakaan SMA Muhi sebagai pusat kegiatan belajar yang terintegrasi dengan kurikulum, menjadi pusat penelitian bagi guru, siswa, dan tenaga kependidikan. Meski masih memiliki kekurangan, Tri bertekadakan terus melakukan pengembangan. “Perpustakaan adalah pusat belajar mandiri dan meningkatkan kebiasaan literasi dalam diri siswa,” kata dia.

Ketua Perpustakaan SMA Muhi Yogyakarta, Wijayanti, menuturkan, perpustakaan yang dikelolanya memiliki beragam fasilitas dan koleksi bahan bacaan. Perpustakaan ini memiliki ruang multimedia, meja belajar carrel, ruang rahmatan lil alamin, dan mini theater. Sebanyak 1.269 judul buku fiksi dan 7.723 buku non fiksi mengisi rak – rak buku di perpustakaan ini. Koleksi yang dimiliki ini berasal dari pembelian, sumbangan alumni, dua usaha, dan lain-lain. Perpustakaan ini juga menjalin link dengan sesama perpustakaan di tingkat daerah maupun nasional.

Ditambahkannya, sekolahnya juga menempatkan tiga pustakawan lulusan Jurusan Perpustakaan universitas terkemuka untuk mendukung pengelolaan perpustakaan di sekolahnya.

Dalam lomba perpustakaan di tingkat DIY, sebanyak 9 perpustakaan sekolah turut ambil bagian, yaitu SMA Negeri 1 Yogyakarta, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, SMA Negeri 1 Seyegan, SMK Negeri 1 Ngawen Gunungkidul, SMA Negeri 1 Bantul, SMA Negeri 1 Pengasih Kulonprogo, MAN Godean, SMA Negeri 1 Sedayu dan MAN Wonosari.

Di tingkat nasional, akan dipilih 10 nominasi perpustakaan terbaik dari seluruh perwakilan provinsi masing – masing. Pada 15 Agustus 2016, 10 nominator akan diundang ke Jakarta dan pada 17 Agustus 2016 akan mengikuti upacara peringatan hari kemerdekaan di Istana Negara. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *