Jumat , 20 Januari 2017
Home / Kabar Sekolah / Peserta UN SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Diperiksa ‘Metal Detector’

Peserta UN SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Diperiksa ‘Metal Detector’

Edupost.ID, Yogyakarta – Ada yang unik pada penyelenggaraan UN tingkat SMA sederajad di Yogyakarta. Peserta Ujian Nasional (UN) SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta diperiksa ‘metal detector’ sebelum memasuki ruang ujian. Petugas juga membuka dan melihat isi tas para siswa. Pemeriksaan bertujuan untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan, seperti adanya siswa yang membawa barang yang dilarang saat ujian.

Pemeriksaan dimulai sejak pukul 06.00 WIB. Para guru bersiap-siap di pintu gerbang sekolah. Dua buah ‘Metal detector’ siap digunakan. Satu untuk pemeriksaan di pintu gerbang belakang, dan satunya lagi di pintu depan. Selain dengan alat itu, petugas pun meminta secara lisan kepada siswa yang membawa hp atau alat komunikasi lain agar dititipkan. Setiap alat komunikasi diberi label agar nanti mudah dikenali saat diambil kembali.

Ditemui di ruang kerjanya, Kepala SMA Muhamadiyah 1 Yogyakarta, Tri Ismu Husnan Purwono SH MM mengatakan bahwa pemeriksaan dan pengawasan sudah berlangsung selama 4 tahun. Pemeriksaan yang sama juga berlaku saat ujian tengah semester atau ujian akhir semester.

“Jadi tak hanya saat UN, tetapi juga pada ujian sekolah pemeriksaan dengan alat deteksi logam ini dilakukan. Tujuannya, mendidik siswa meningkatkan konsentrasi dan kejujuran”, ujar Tri Ismu. (Andi)

Check Also

guru-mengajar

Kota Yogyakarta Belum Terapkan Permendiknas Tentang Sumbangan

Edupost.ID – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Yogyakarta, Edy Hery Suasana menyatakan belum akan memberlakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *