Minggu , 22 Januari 2017
Home / Kabar Sekolah / PKBM Al Jauhar Siap Ikuti UNPK 2016
UNBK
Siswa mengikuti simulasi Ujian nasional berbasis komputer (UNBK)

PKBM Al Jauhar Siap Ikuti UNPK 2016

Edupost.id, Bogor – Ujian Nasional (UN) 2016 bagi siswa SMA/SMK/MA akan serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia pada Senin, 4 April mendatang . Begitupula, sekolah non formal seperti Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) juga bersiap mengikuti Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) 2016. Hal ini seperti yang terlihat di PKBM Al Jauhar, siswa paket C sudah bersiap mengikuti UNPK 2016 di SMPN 12, Senin nanti.

“Jadi pelaksanaan UNPK menggunakan sekolah normal,” ujar penanggungjawab PKBM Al Jauhar, Musdalifah kepada Edupost.id.

Musdalifah mengungkapkan, PKBM memang seharusnya mampu menyelenggarakan UN sendiri. “Jika mengacu ke Permen No 55, kami bisa  melaksanakan secara mandiri. Kami hanya terbentur fasilitas. Akhirnya kebijakan pemerintah kota disatukan di SMA PGRI  4 untuk dua Kecamatan Bogor Selatan dan Bogor Utara.

“Peserta UNPK ada yang di SMPN 5, SMPN 8, SMPN 12 dan SMA PGRI 4. Jadi karena pesertanya banyak, kami menggunakan sekolah yang ruang kelasnya banyak,” jelasnya.

Menurut Musdalifah, mekanisme serta soal ujian untuk non formal tidak berbeda dari sekolah formal. “Dari dinas pendidikan pusat, tidak ada perbedaan. Hanya beda di jam. Kalau formal hanya dua hari, empat mata pelajaran. Kalau non formal itu empat hari karena tujuh mata pelajaran. Kalau formal sudah tidak ada PKN,” tuturnya.

Kisi-kisi ujian sendiri, tambah Musdalifah, lebih banyak mengunduh di internet. Saat ini pihak PKBM Al Jauhar lebih memanfaatkan teknologi. Selain itu, siswanya juga diajak untuk berlatih dengan soal UN tahun sebelumnya.

Sementara untuk minggu tenang, suasana di PKBM Al Jauhar masih seperti biasa. “Kalau di kami bukan tidak ada minggu tenang. Masalah minggu tenang atau tidak di sini sama saja. Karena anaknya beda,” tegasnya.  (Nisa)

 

Check Also

Resep Burger Mi Instan

Resep Unik, Burger Mi Instan

Edupost.ID- Jika bosan menghidangkan mi instan dalam bentuk yang biasa, coba untuk kreasikan mi instasn …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *