Sabtu , 27 Mei 2017
Home / Kabar Sekolah / Prestasi Akademik Biasa, MAN Pakem Kejar Non Akademik
MAN Pakem. Talkshow Pelajar, (13/2). ilustrasi : Andi

Prestasi Akademik Biasa, MAN Pakem Kejar Non Akademik

Edupost.Id, Sleman – Input siswa pada sebuah sekolah sering kali menjadi penentu prestasi akademik sebuah sekolah. Hal itu sangat disadari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pakem, Sleman. Sekolah ini mengaku memiliki input siswa dengan kualitas biasa. Siswa mereka juga tidak berasal dari SMP Favorit. Namun, hal ini tidak memupuskan harapan untuk mengukir prestasi. Salah satu yang dilakukan sekolah ini adalah memaksimalkan potensi siswa bidang non akademik.

“Untuk bersaing dengan madrasah atau sekolah lain di bidang akademik memang sulit, karena siswa yang masuk ke sini NEM-nya tidak tinggi,” ujar Waka Kurikulum MAN Pakem, Ahmad Mustakim kepada Edupost.ID.

Mustakim menambahkan, salah satu bidang yang mampu menuai prestasi adalah olah raga Taekwondo. Terbukti, dua siswanya mampu merebut juara satu dan dua pada kejuaraan Taekwondo tingkat DIY, Walikota Cup 2015.

“Mereka ikut klub di luar sekolah, kami berikan kesempatan mereka ikut latihan di sekolah melalui ekskul,” imbuh Mustakim.

Selain itu, MAN Pakem juga tengah mengembangkan kemampun keagamaan siswa. Beberapa siswa mendapat pembinaan keislaman melalui program asrama.

Di bidang akademik, pihak sekolah juga tetap melakukan pendampingan menghadapi Ujian Nasional (UN). Sebanyak 115 siswa kelas XII yang terdiri dari 38 siswa program IPA, 58 siswa program IPS, dan 19 siswa program keagamaan telah mengikuti pendalaman materi UN dan try out.

Selain itu, kegiatan suntikan motivasi juga terus digalakkan. “Yang sedang direncanakan adalah doa bersama,” lanjut Mustakim. (Andi)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *