Sabtu , 25 November 2017
Home / Kabar Sekolah / Puluhan Siswa SMKN 2 Yogyakarta Diterima Kerja Sebelum Lulus
SMKN 2 Yogyakarta 1
SMKN 2 Yogyakarta (foto: info-jogja dok.)

Puluhan Siswa SMKN 2 Yogyakarta Diterima Kerja Sebelum Lulus

Edupost.id, Yogyakarta – Pendidikan SMK memang diharapkan mampu memberikan bekal keahlian bagi siswa menghadapi dunia kerja. Tak heran, pendidikan SMK mulai dilirik banyak pihak. Salah satunya adalah pihak industri yang membutuhkan tenaga kerja terampil.

SMKN 2 Yogyakarta sangat menyadari banyak pelaku industri yang membutuhan tenaga kerja terampil. Oleh karenanya, sekolah ini berupaya mencetak siswa menjadi tenaga kerja terampil.

Pihak industri juga menaruh kepercayaan yng tinggi pada sekolah ini. Salah satu buktinya, ada 60 siswa kelas XII yang baru saja diberangkatkan untuk bekerja di sebuah perusahaan konstruksi nasional. Mereka diberangkatkan pada Sabtu lalu, (23/4).

“Sebelum kelulusan sudah ada 60 anak yang akan berangkat kerja di PT. Acset, sudah diterima dari berbagai jurusan,” ungkap Waka Kesiswaan SMKN 2 Yogyakarta, Rohmadi.

Dijelaskan Rohmadi, semua siswa ini baru selesai mengikuti Ujian Nasional dan belum mendapat ijazah kelulusan. Namun, pihak industri sudah menerima mereka lantaran percaya pada kualitas pendidikan di sekolah ini.

Rohmadi menuturkan, seluruh siswa sekolah ini memang disiapkan untuk mampu bersaing di dunia kerja. Beragam upaya dilakukan sekolah untuk mencapai tujuan ini. “Kita dari sekolah ada program bimbingan karir untuk anak-anak yang ingin bekerja,” imbuhnya.

Tidak hanya bimbingan karir, sekolah ini juga memberikan pelayanan kepada siswa yang ingin melanjutkan kuliah. Diakui Rohmadi, saat ini mulai banyak siswa di sekolahnya yang berkeinginan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. “Anak-anak mulai cerdas, ada yang berpandangan ra kuliah yo ra iso kerjo (tidak kuliah ya tidak bisa bekerja),” kata Rohmadi.

Untuk melayani siswa yang ingin kuliah, pihak sekolah telah membentuk tim untuk mendampingi siswa melanjutkan pendidikan tinggi. Misalnya, Tim SNMPTN yang bertugas melakukan input PDSS dan membantu siswa menyiapkan kebutuhan dalam hal pendaftaran. (Andi)

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *