Senin , 29 Mei 2017
Home / Kabar Sekolah / Raih Dua Emas, Mansa Maju ke KSM Nasional
MAN Yogyakarta 1
MAN Yogyakarta 1

Raih Dua Emas, Mansa Maju ke KSM Nasional

Edupost.id, Yogyakarta – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Yogyakarta I kembali menjadi Juara Umum pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) DIY tahun 2016. Pada kompetisi yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama DIY, madrasah yang dikenal dengan Mansa ini berhasil mengumpulkan medali terbanyak, yakni 10 medali terdiri 2 medali emas, 5 medali perak, dan 3 medali perunggu.

Guru Pembimbing KSM Mansa, Purnomo Basuki menuturkan, dua medali emas untuk madrasah ini disumbangkan oleh Nabani Ibrahim XII IPA 3 pada mapel Biologi, dan Kamilatul Fadilah XI IPS2 pada mapel Ekonomi. Dengan raihan ini, keduanya berhak merasih tiket menuju KSM Nasional di Pontianak, pada 22 Agustus sampai 27 Agustus 2016.

Ditambahkan Basuki, seluruh siswa yang meraih medali emas akan mendapat pembinaan intensif selama 5 hari dari Kanwil Kemenag DIY dan Madrsah masing-masing.”Persiapan oleh Kanwil dengan mengadakan peltihan 5 kali khusus mapel,” ujar Basuki. Sementara, di tiap madrasah, mereka akan dibimbing sesuai mapel masing – masing dan mapel agama. Di Mansa, kata Basuki, mereka akan dibimbing selama 8 -10 kali sebelum berangkat ke Pontianak.

Ada perbedaan antara KSM tahun ini dan KSM tahun lalu menurut Basuki. Mulai tahun ini, KSM juga akan melombakan materi bidang keagamaan. Setiap peserta bidang apapun akan mendapat soal materi keagamaan. “Mapel agama juga dilombakan. Soalnya sama untuk semua peserta,” imbuhnya.

Keberhasilan siswa Mansa dalam KSM tingkat DIY tahun ini, merupakan buah dari pembinaan yang rutin dan berkesinambungan dari madrasah. Meskipun, perolehan medali emas tahun ini lebih sedikit dibanding tahun lalu, pihak madrasah tetap mengapresiasi. Tahun lalu Mansa berhasil meraih 4 emas di KSM DIY.

KSM diikuti oleh siswa siswi madrasah baik negeri maupun swasta, dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah(MI), Madrasah Tsanawiyah(MTs), sampai Madrasah Aliyah(MA). Di tingkat DIY, kompetisi ini sudah berlangsung pada Selasa, (26/7) di MTs dan MA Negeri Lab.UIN Banguntapan Bantul. (Andi)

Check Also

Okti Sulistian Sari MAN Yogyakarta 1

Demi Masa Depan, Siswa ini Kayuh Sepeda 90 Menit Tiap Hari

Edupost.ID – Seperti hari – hari biasanya, Okti Sulistian Sari pagi ini tetap mengayuh sepedanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *