Sabtu , 24 Juni 2017
Home / Kabar Sekolah / SD IT Nurul Fikri Undang TNI AL di Kemah Kepemimpinan
Pembina Kemah Kemandirian, Hadi Prasetyo, memberikan amanat kepada peserta siswa SD IT Nurul Fikri.

SD IT Nurul Fikri Undang TNI AL di Kemah Kepemimpinan

Edupost.id, Sidoarjo – Sebanyak 14 regu pramuka SD IT Nurul Fikri Sidoarjo mengikuti kemah kemandirian. Kegiatan  Leadership Motivation Training (LMT) yang bertema mengasah kemandirian dan kedisiplinan siswa itu berlangsung selama dua hari (7-8/4) di halaman sekolah yang berlokasi di Desa Kebon Agung, Sukodono, Sidoarjo.

Acara diisi dengan rangkaian aktivitas yang cukup padat. Mulai ajang penampilan tiap regu, pemberian medali untuk berbagai kategori, hingga menelusuri pos demi pos yang cukup jauh. Untuk melatih kemandirian, peserta kelas III ditugaskan berbelanja sayur-mayur dan kebutuhan lain yang akan dimasak. Belanja dilakukan di pasar tradisional Sukodono, Sidoarjo.

Gerakan Pramuka Gugus Depan 16.053-16.054 pangkalan SD IT Nurul Fikri Sidoarjo mempunyai cara tersendiri untuk menempa siswa agar makin disiplin dan mandiri. Sejak Kamis pagi, para siswa berseragam pramuka lengkap berdatangan dengan membawa berbagai perlengkapan berkemah. Sejumlah tantangan tiap-tiap regu sudah disiapkan para pembina. Ada adu cepat memanjat jaring laba-laba, meniti jembatan bambu, lomba yel yel, menghias tenda, dan tantangan menarik lainnya.

Pembina mendatangkan tiga anggota TNI Angkatan Laut dari korps marinir Pangkalan Marinir Surabaya untuk mengenalkan praktik baris-berbaris. Mereka adalah Peltu Marinir M.Ali Faidi dan dua orang temannya. Berbagai aba-aba diberikan para prajurit. Siap grak! Begitu komandan tamu beraksi, para anggota pramuka pun ikut mengikuti. Pelajaran baris-berbaris pun berlangsung seru. Mereka seakan tidak memedulikan matahari yang mulai meninggi.

Kepala SD IT Nurul Fikri Sidoarjo, Muammal Jasin mengaku bahwa kegiatan ini sudah rutin diadakan oleh sekolah karena memberikan jaminan kualitas bagi peserta didiknya. “Kami berharap anak-anak makin mandiri, disiplin, dan terus mengasah potensi kepemimpinan mereka yang jelas sangat berguna bagi masa depannya,” tegasnya mantap.

Hadi Prasetyo sebagai salah satu pembina berharap acara LMT dapat menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi peserta. “Kegiatan ini merupakan ikhtiar bahwa pengenalan dasar-dasar kemandirian, kedisiplinan, dan kepemimpinan dapat dilakukan sejak dini,” terangnya ramah. “Semoga teori yang diimbangi dengan praktik akan lebih mengena dalam diri anak-anak,”  tambahnya penuh optimisme.

Kontributor : Joko Susanto,
Penulis Buku Kisah Inspiratif Keluarga Penulis

Check Also

U-Torc, Pembalut Ramah Lingkungan Inovasi IPB

U-Torc, Pembalut Ramah Lingkungan Inovasi IPB

Edupost.id – Pembalut sebagai barang ekonomi merupakan benda yang permintaannya selalu kontinyu dari waktu ke …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *