Minggu , 22 Januari 2017
Home / Kabar Sekolah / SD Muhamadiyah Sokonandi Borong Juara Robotik

SD Muhamadiyah Sokonandi Borong Juara Robotik

Edupost.ID, Yogyakarta – Pada ajang Kontes Robot Pintar Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Taman Pintar pada Sabtu-Minggu, (24-25/10), kontingen SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta berhasil memborong gelar juara robotik. Sekolah ini berhasil meraih Juara 1 – 3 pada kategori Robot Penjejak Cahaya (Light Follower).

“Di Taman Pintar untuk siswa SD lombanya hanya Robot Penjejak Cahaya (light follower), kejuaraannya diborong sekolah kami,” kata Kepala Bidang Kesiswaan Sriningsih Wahyu Pangestu di SD Muhammadiyah Sokonandi, hari ini (29/10).

Kategori ini memperlombakan robot rakitan yang dapat mencari jejak cahaya. Melalui sebuah perlintasan, robot dapat berjalan memburu sumber cahaya. Dengan catatan lingkungan harus gelap sehingga bisa menjejak sumber cahaya. Sumber cahaya dapat berupa lampu senter, lampu motor, atau lampu mobil. Apabila lingkungan terang benderang oleh sinar matahari, robot tersebut tidak bisa mendeteksi sumber cahaya. Robot yang paling cepat berjalan akan menjadi pemenang.

Para peraih juara dari SD Muhamad Sukonandi berasal dari kelas 4 dan 5. Juara 1 diraih oleh Khaffah Abdillah Sahih kelas V D dan Muhammad Akbar Wiratama Putra kelas V D. Juara 2 Aksatriya Acitya Abiyyu kelas IV A dan Adinda Nayla Azzahra kelas 4 A. sementara, juara 3 Aqilla Graditya Putra kelas IV C, Diatrie Padma Sari kelas 5 D.

Tidak hanya dapat meraih juara di dalam negeri, sekolah ini juga berhasil meraih juara di luar negeri. Pada ajang International Islamic School Olympiad di Malaysia, sekolah ini memborong medali  emas untuk kategori Sumo Robot dan Robot Theater, medali perak Line Follower dan special award untuk Robot Auto Parking.

Menurut Sriningsih, bukan hal yang mudah untuk mencapai prestasi itu. Setiap menjelang lomba, siswa akan berlatih secara intensif selama satu bulan. Siswa berlatih setiap Sabtu sore sehabis jam pelajaran. (Andi)

Check Also

Resmi Terbentuk, IGMP Matematika Akan Gelar Konferensi Internasional Matematika

Edupost.ID – Guru matematika di seluruh Indonesia saat ini sudah terwadahi dalam sebuah organisasi baru, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *