Rabu , 18 Januari 2017
Home / Kabar Sekolah / SDN Polisi 4 Bogor Wajibkan Siswa Pakai ‘Jamu’
SD Negeri Polisi 4 Bogor
SD Negeri Polisi 4 Bogor (foto: Nisa Edupost)

SDN Polisi 4 Bogor Wajibkan Siswa Pakai ‘Jamu’

Edupost.id, Bogor – SDN Polisi 4 Bogor mewajibkan siswanya untuk memakai program Jamu atau Jaga Mulut. Program tersebut diusung Kepala Sekolah, Yayah Komariah selama tiga tahun menjabat di sana. Jamu bertujuan agar siswa mampu bertanggungjawab dengan ucapan yang dikeluarkan melalui mulutnya.

“Mulutmu harimau-mu. Jadi selama tiga tahun saya di sini (SDN Polisi 4 Bogor) saya sudah menerapkan ke anak-anak yang namanya Jamu, Jaga Mulut,” tegasnya kepada Edupost.id, (12/5).

Selain Jamu, terang Yayah, pihak sekolah juga menanamkan agar siswanya tidak berbohong dalam semua hal. Seperti saat ia menemukan coretan tipe x di meja kelas, ia memanggil siswa yang menempati bangku tersebut. Empat orang siswa dipanggil untuk diminta pertanggungjawabannya.

“Ini ibu kasih amplas untuk menghapusnya, dibagi empat jadi berapa? Satu per empat kan. Ini meja dan bangku kamu. Ibu tidak bisa dibohongi karena ibu tahu tipe x ini masih basah. Nah, sekarang kalian baca Bismillah dan hapus bersama dari kanan ke kiri-kiri ke kanan,” tambahnya.

Menurut Yayah dengan memberikan penjelasan seperti itu, secara tidak langsung menanamkan tiga macam pelajaran. Seperti matematika, pendidikan kewarganegaraan, dan agama. Melalui hal itu anak tentu mampu menjadi pribadi yang baik jika diarahkan.

“Di sekolah kami juga menerapkan disiplin dengan menggunakan yel-yel, contohnya yel ‘Anak Cerdas, Peduli Lingkungan’. Kemudian, setiap siswa diwajibkan untuk membawa air cucian beras yang masih keruh dengan menggunakan botol bekas dan disiramkan ke tanaman di sekolah,” tegasnya. (Nisa)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran Bidikmisi 2017 Sudah Dibuka

Edupost.ID – Proses pendaftaran Bidikmisi 2017 mulai dibuka. Bidikmisi merupakan program bantuan biaya pendidikan bagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *