Senin , 23 Januari 2017
Home / Kabar Sekolah / Sekolah Afeksi, Ajarkan Pendidikan Agama hingga Tataran Praktik

Sekolah Afeksi, Ajarkan Pendidikan Agama hingga Tataran Praktik

Edupost.ID – Pendidikan agama yang ditanamkan kepada para siswa, hendaknya bukan sekedar hapalan teori namun perlu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Sejumlah sekolah di Yogyakarta telah menerapkan model pendidikan berbasis afeksi untuk mengefektifkan penanaman nilai agama kepada siswa.

Pendidikan berbasis afeksi merupakan program pendidikan agama yang di dalamnya memuat penilaian terhadap siswa dalam pengamalan agama secara nyata di masyarakat. Beberapa sekolah telah ditetapkan sebagai sekolah afeksi, salah satunya SMAN 5 Yogyakarta.

Jumiran, Kepala Sekolah SMAN 5 Yogyakarta mengungkapkan bahwa program afeksi ini telah dimulai sejak 2012. Programnya meliputi tadarus sebelum pelajaran dimulai, shalat berjamaah, pagi simpatik, dan kotak geser (infaq).

Ia menerapkan peraturan khusus terkait program shalat berjamaah. Waktu istirahat adalah waktu adzan berkumandang, tanpa mengurangi atau menambah jam istirahat. Dengan demikian semua siswa bisa memenuhi program itu. Selain shalat berjamaah, ada juga kegiatan pagi simpatik. Kegiatan ini berupa jabat tangan oleh siswa dan guru setiap pagi sebelum masuk kelas.

“Kesuksesan bukan ditentukan dari IQ. Ternyata emosional dan spiritualnya menentukan 80%,” terang Jumiran. Terbukti, sekolah afeksi ini telah mencetak prestasi seperti yang dibuktikan siswanya, Dianita Ardi. Ia memperoleh nilai tertinggi ujian nasional IPS tingkat DIY tahun 2015.

Jumiran menegaskan, SMAN 5 dibangun mulai dari karakternya, sehingga keshalehan anak dapat terbentuk. “Maka sampai ada yang menyebut sekolah ini dengan SMA Muhammadiyah Negeri 5 Yogyakarta,” pungkas Jumiran sambil tertawa. (Nurfi)

Check Also

Bandung-Masagi-Pendidikan-Karakter-Terbaru-di-Sekolah

Bandung Masagi, Pendidikan Karakter Terbaru di Sekolah

Edupost.id – Bandung Masagi merupakan model pendidikan karakter terbaru di sekolah yang dirumuskan Dinas Pendidikan Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *