Selasa , 24 Oktober 2017
Home / Kabar Sekolah / Sekolah Go Green, SMPN 7 Bandung Dikunjungi Negara Oman

Sekolah Go Green, SMPN 7 Bandung Dikunjungi Negara Oman

BANDUNG- Kementrian Pendidikan Oman berkunjung ke SMP Negeri 7 Bandung pada Kamis (26/3) lalu. Kunjungan negara Oman ini untuk mempelajari lebih jauh mengenai keberhasilan SMPN 7 Bandung dalam program green school.

Wakil Kepala Sekolah SMPN 7 Bandung, Olih menyampaikan, Kementrian Pendidikan Oman dan Unesco telah mengunjungi sekolah ini dalam rangka studi banding mengenai green school.

Sebelumnya, perwakilan SMPN 7 Bandung sudah pernah presentasi di depan Unesco mengenai pengembangan green school ini. “Sejak 2007 kami sudah menata sekolah berbudaya lingkungan,” ujar Olih, dilansir rol.

Olih menjelaskan, dalam kunjungannya, delegasi dari Oman menyatakan bahwa di negaranya tidak ada sekolah hijau seperti di SMP 7 Bandung. Mereka sangat senang dan terharu melihat pendidikan di SMPN 7 Bandung. “Katanya, Oman akan mencontoh sekolah ini,” terangnya.

Penerapan konsep lingkungan hidup di sekolah ini untuk menciptakan anak-anak betah di sekolah sehingga berdampak positif bagi akademis dan non akademis siswa. “Anak betah, berprestasi, dan orang tua juga senang,” terangnya.

Selain itu, jika anak-anak terbiasa berada di lingkungan hijau, maka akan terbawa hingga dewasa. “Dunia ini akan rapi dan hijau kalau punya basic lingkungan yang bagus,” ujarnya.

Kurikulum di SMPN 7 pun telah berintegrasi dengan lingkungan. Dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diajarkan bagaimana cara menggunakan air yang benar dan dalam pelajaran lainnya diajarkan cara menghemat listrik.

Para siswa juga diajari Gerakan Penanaman, Pembibitan, Pemeliharaan, dan Pengawasan Lingkungan Hidup (P4LH), “Siswa diajarkan pengelolaan sampah diubah menjadi pupuk dan ini merupakam program dari pemerintah,” jelasnya.

Sekolah ini mendapat berbagai penghargaan di bidang lingkungan, salah satunya, menjadi sekolah adiwiyata selama tiga tahun berturut-turun. Selain itu, SMPN 7 pernah dinobatkan sebagai sekolah adiwiyata mandiri dan Pertamina Fondation pernah menjadikannya sebagai sekolah sobat bumi.

SMPN 7 Bandung juga membina beberapa sekolah di Bandung dalam hal penataan lingkungan. Sekolah binaan ini merupakan program dari sobat bumi, diantaranya SMPN 46, SMPN 28, dan SMPN 21 Bandung. (IK/SS)

Check Also

UPN Veteran Yogyakarta

129 Dosen UPN Veteran” Yogyakarta Terindex SINTA

Edupost.id – Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY), Prof.Dr.Ir. Sari Bahagiarti K.M.Sc mengatakan, 129 dosen UPNVY …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *