Selasa , 28 Maret 2017
Home / Kabar Sekolah / Sekolah Ini Terapkan LISA, Lihat Sampah Langsung Ambil

Sekolah Ini Terapkan LISA, Lihat Sampah Langsung Ambil

Edupost.ID, Sleman – TK Al-Azhar 31 Yogyakarta saat ini tengah bersiap mengikuti Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional mewakili DIY pada Mei 2016 . Prestasi tersebut diperoleh salah satunya karena sekolah ini memiliki program unggulan dalam pengelolaan limbah sampah yang diberi nama LISA, ‘Lihat Sampah Langsung Ambil’.

Hal itu seperti yang disampaikan Kepala TK Al-Azhar 31 Yogyakarta, Ketut Tuti Alawiyah kepada Edupost.ID. “Kita memiliki program ‘Lihat Sampah Langsung Ambil’ atau disingkat Lisa,” kata Ketut, hari ini (4/11).

Siswa selalu dibiasakan memungut sampah yang ditemui di lingkungan sekolah untuk dibuang di tempat sampah yang sudah di pilah-pilah. Program yang telah digulirkan sekolah sejak 2005 ini terbukti telah mampu membawa perubahan besar di sekolah ini.

Selain itu, siswa juga diwajibkan mencuci tangan dengan sabun setelah beraktivitas. Mereka harus mencuci tangan menggunakan sabun sebelum masuk kelas atau sebelum makan siang.

“Meskipun sederhana, kebiasaan mencuci tangan pakai sabun, akan menghindarkan siswa dari penyakit akibat kuman,” katanya.

Pemeriksaan gigi juga tidak luput dari perhatian sekolah. Hal itu terukti dari kegiatan pemeriksaan gigi secara rutin setiap enam bulan sekali dengan mengundang dokter gigi. Kemudian setiap dua bulan sekali dilakukan pengukuran berat dan tinggi badan. Setiap Senin, siswa diperiksa kebersihan tangan, kuku, rambut dan telinga.

Keunggulan lain yang dimiliki TK Al-Azhar 31 adalah program ‘Sekolahku Hijau’. Pihak sekolah menggandeng peran serta orangtua murid dalam pengadaan tanaman hias dan apotek hidup. (Andi)

Check Also

Sheffield student union

Beasiswa S2 di Inggris dari Allan dan Nesta Ferguson

Edupost.id – Beasiswa S2 di Inggris secara penuh diberikan melalui Allan & Nesta Ferguson Charitable Trust Masters Scholarship. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *