Senin , 25 Juni 2018
Home / Kabar Sekolah / Siapkan Siswa Hadapi OSN, MAN 3 Bantul Gelar Pelatihan
ilustrasi. Medali OLimpiade

Siapkan Siswa Hadapi OSN, MAN 3 Bantul Gelar Pelatihan

Edupost.id – Mempersiapkan siswa untuk meraih prestasi pada Olimpoade Sains Nasional (OSN) dan olimpiade lainnya, MAN 3 Bantul menggelar pelatihan OSN pada Senin –Jumat (22-26/1) di sekolah setempat.

Pelatihan yang bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Indonesia Rajin Indonesia Tangguh ( LP IRIT) ini diikuti 35 peserta yang terdiri dari siswa MAN 3 Bantul dan siswa lain yang berasal dari DIY dan Jawa tengah, Tulung Agung serta Jakarta.

Ketua LP IRIT Moh. Yasya Bahrul Ulum, mengungkapkan, MAN 3 Bantul menjadi madrasah pertama yang menjadi tempat pelaksanaan program IRIT di DIY. Pelatihan ini meliputi 7 mata pelajaran yakni Fisika, Kimia, Biologi, Matematika, Astronomi, Ekonomi dan Komputer dengan dilatih 7 pelatih dari LP IRIT.

“Ini pertama kalinya kami melaksanakan pelatihan dan pembimbingan melalui madrasah, dan kami memilih MAN 3 Bantul karena dari madrasah ini sudah berprestasi dalam olimpiade baik tingkat nasional maupun internasional. Partisipasi dan semangat siswa yang begitu tinggi dalam mengikuti pelatihan menjadikan kami lebih optimis prestasi akan semakin terukir dari madrasah,” ungkap peraih medali emas IMC 2014 tersebut.

Kepala Man 3 Bantul, Ali Asmu’i, menambahkan, kerjasama yang dilakukan merupakan terobosan baru dalam mempersiapkan siswa menghadapi olimpiade ke depan. Pelatihan ini menjadi lebih fokus karena siswa berada di Olympiad Camp selama mengikuti program IRIT.

“Pelatih yang sesuai dengan kompeten di bidangnya juga menjadi nilai tambah dalam mengupayakan keberhasilan siswa dalam ajang lomba olimpiade yang akan datang,” tegas Ali.

Salah satu peserta pelatihan ini, Bagus Ferdian Nur Adianto, mengaku senang dengan mengikuti pelatihan tersebut. Peraih medali perak pada ASMO Malaysia dan finalis TIMO Thailand beberapa waktu lalu itu menambahkan, berlatih bersama siswa lain dari luar Jogja cukup membantu dirinya mendapatkan pengalaman dalam mengerjakan soal, terlebih pelatih juga pernah meraih juara dalam olimpiade sejenis.

“Dengan pelatih yang memiliki pengalaman berlaga dan menjadi juara di olimpiade matematika, menjadikan kami lebih mantab karena soal soal yang diterangkan juga mengacu pada soal soal olimpiade. Disamping itu kami juga belajar banyak tentang persiapan dan kiat meraih prestasi dalam menghadapi lomba,” ujar siswa kelas X IPA 1 MAN 3 Bantul itu.

LP IRIT merupakan bentuk pelatihan yang dilakukan oleh mahasiswa dan alumni UGM, UI, ITS yang juga pernah meraih prestasi di berbagai ajang olimpiade tingkat nasional maupun internasional. Lembaga ini mempunyai visi terbentuknya siswa yang mampu bersaing di bidang olimpiade dengan menjunjung nilai sportifitas.

Check Also

MAN 3 Bantul Gelar Festival demi Promo Sekolah

MAN 3 Bantul Gelar Festival demi Promo Sekolah

Edupost.id – Kegiatan MAN 3 Bantul Festival kembali digelar di madrasah setempat Sabtu (24/3). Kegiatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=