Senin , 25 Juni 2018
Home / Kabar Sekolah / Siapkan Ulama Masa Depan, Madrasah Ini Buka Program MAN PK
MAN Yogyakarta 1
MAN Yogyakarta 1

Siapkan Ulama Masa Depan, Madrasah Ini Buka Program MAN PK

Edupost.id – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Yogyakarta tahun ini kembali menerima 24 peserta didik untuk program MAN Program Keagamaan (MAN PK). Seluruh peserta didik yang nantinya diterima di program ini akan mendapat beasiswa pendidikan dan asrama gratis sampai lulus.

Waka Keagamaan MAN 1 Yogyakarta, Suyanto, menyebut, MAN PK merupakan program khusus untuk mencetak ulama masa depan yang berkarakter keindonesiaan dan modern. Program ini merupakan reinkarnasi program MAN Program khusus yang pernah melahirkan tokoh bessr di negeri ini.

“Tahun ini MAN 1 Yogyakarta baru menerima 24 siswa putra untuk MAN PK. Seluruh siswa bebas biaya pendidikan dan asrama. Mereka hanya menyediakan biaya kebutuhan pribadi. Seluruh biaya asrama, kegiatan belajar ditanggung pemerintah,” terang Suyanto, Kamis (1/2).

Ditambahkan, program ini memiliki ciri khas dalam pendalaman materi keislaman, tanpa mengesampingkan mata pelajaran umum seperti Matematika, IPA, IPS, dan sebagainya. Bahkan, kata Suyanto, seluruh mata pelajaran keagamaan akan disampaikan drngan bahasa pengantar bahasa Arab.

Kendati demikian, program ini tidak hanya dikhususkan untuk siswa lulusan Madrasah Tsanawiyah. Siswa lulusan SMP juga bisa mendaftar, asalkan lolos seleksi yang dibuat oleh Kemenag. Materi tes meliputi Tes Potensi Belajar, dan Tes Kompetensi Akademik yang meliputi Bahasa Arab, Bahasa Inggris, PAI, serta Matematika.

Tak hanya melalui jalur tes, program MAN PK juga membuka jalur prestasi. Siswa yang tertatik mendaftar lewat jalur ini harus memiliki prestasi juara Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) minimal tingkat nasional. Atau memiliki prestasi juara Musabaqoh Qiroatil Kutub (MQK) minimal tingkat provinsi. “Targetnya siswa lulus dengan nilai TOEFL dan TOAFL 506, tahfidz minimal 10 juz,” kata Suyanto menargetkan.

Terkait pendaftaran, dibuka secara online mulai 1 Februari. Pendaftaran yang dilakukan secara online ini akan berlangsung sebulan hingga 28 Februari. Seleksi Nasional Peserta Didik Baru MAN PK, dapat melalui https://madrasah.kemenag.go. id/snpdb2018. (Andi)

Check Also

Zulfikar Ezzat siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Maju MTQ Nasional

Cuma Belajar dengan Ayah, Siswa Ini Siap Berlaga di MTQ Nasional

Edupost.id – Zulfikar Ezzat tak pernah menyangka jika keputusannya menekuni seni membaca Al Quran pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=