Kamis , 25 Mei 2017
Home / Kabar Sekolah / Simulasi UNBK, SMPN 4 Depok Sengaja Bikin Gangguan
siswa memakai komputer dalam pembelajaran
Siswa memakai komputer dalam pembelajaran

Simulasi UNBK, SMPN 4 Depok Sengaja Bikin Gangguan

Edupost.Id, Sleman – SMPN 4 Depok Sleman menjadi salah satu sekolah pelaksana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2016 dengan jumlah peserta sebanyak 126 siswa. Berdasar hasil simulasi UNBK yang pernah digelar pihak sekolah, belum pernah terjadi kendala teknis. Justru, pihak sekolah yang sengaja membuat siswa mengalami kendala dalam mengerjakan UNBK.

Hal itu seperti yang diungkapkan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Kesiswaan SMPN 4 Depok Sleman, Slamet Riyadi kepada Edupost.Id. “Pada simulasi pertama dan kedua, kami pernah sengaja mematikan listrik. Kami juga pernah mematikan jaringan,” kata Slamet.

Dikatakannya, pihak sekolah sengaja menciptakan gangguan agar siswa siap dengan adanya kemungkinan gangguan yang akan terjadi saat UNBK. Sekenario gangguan ini dilakukan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Setelah ujian selesai baru diberitahukan kepada siswa bahwa gangguan yang baru saja terjadi hanya rekayasa.

Hasilnya, menurut Slamet, siswa menjadi lebih cepat menyesuaikan jika teradi gangguan. Slamet juga tak menutup kemungkinan adanya kendala berupa kemungkinan terjadi pemadaman dari PLN. Untuk itu, pihak sekolah berencana akan menyewa genset.

Selain persiapan teknis, menurut Slamet, pihaknya juga telah membuat program penguatan materi siswa. Secara rutin, siswa di sekolah ini mengikuti try out dengan mengerjakan soal. Usai try out, sekolah akan melakukan analisis tentang materi yang masih kurang dikuasai siswa. Materi itulah yang menjadi tugas guru pengampu untuk lebih memberikan pendalaman.

Saat try out, juga diupayakan dengan komputer. Hal ini dilakukan untuk lebih mengakrabkan siswa dengan komputer.

Mengenai jumlah komputer, Slamet mengaku tak ada masalah. Pihak sekolah menyediakan dua ruang sebagai lokasi ujian. “Jumlahnya sudah sesuai dengan yang disyaratkan direktorat,” begitu katanya. (Andi)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *