Rabu , 29 Maret 2017
Home / Kabar Sekolah / Sistem Kertas dan Pensil Efektif di TKIT Permata Hati Merauke

Sistem Kertas dan Pensil Efektif di TKIT Permata Hati Merauke

Edupost.ID, Merauke – Sistem pembelajaran kertas dan pensil untuk jenjang taman kanak-kanak sangat dirasakan manfaatnya bagi pihak sekolah TKIT Permata Hati, Merauke. Sistem ini efektif membuat anak-anak cepat menerima pelajaran yang diberikan.

“Menurut saya efektif, karena dalam satu kelas hampir semua bisa menulis dan membaca untuk TK nol besar, kalau untuk TK nol kecil masih belajar untuk menggunakkan pensil, mengenal huruf dan angka,” ujar Umi Aslamiyah, guru TIKIT Permata Hati, Merauke kepada Edupost.ID pada, (8/12).

Umi menambahkan, kesulitannya hanya butuh ketelatenan dan kesabaran dalam menerapkan sistem ini di kelas. Memperkenalkan sistem ini dengan perlahan dan berlanjut agar mereka terbiasa. Sedangkan untuk mengurangi kebosanan di kelas, sebelumnya para guru sudah mempersiapkan permainan disela-sela pembelajaran.

Pendapat serupa disampaikan oleh Ida, guru TKIT Permata Hati, Merauke, sistem ini cukup efektif dan membantu meski tidak semua pembelajaran menggunakan kertas dan pensil. Banyak metode yang bisa digunakkan tanpa harus dengan kertas dan pensil. Terutama yang berkaitan dengan buku paket yang sudah disediakan. Hal ini mampu melatih motorik jari tangan anak. Sekaligus pembiasaaan menulis untuk persiapan masuk SD.

“Sesekali anak kami dilatih juga langsung menggunakan spidol dan white board. Jadi pembelajaran fariatif. Tidak melulu dengan kertas dan pensil sesuai dengan indikator dan RKM pada pembelajaran TKIT,” tambah Ida.

Ida juga menerangkan kesulitan yang dialami seperti yang disampaikan oleh Umi, satu dan dua anak terkadang kurang berminat dengan sistem kertas dan pensil. Namun, dengan bimbingan dan motivasi yang diberikan oleh pihak keluarga dan pihak sekolah, lama kelamaan anak-anak akan terbiasa. Semua tergantung bagaimana guru mampu memfariasikan sistem kertas dan pensil. Seperti menghitung beda menggunakkan pensil atau mengenal warna dengan menggunakkan kertas lipat berwarna tanpa harus menulis. (Nisa)

Check Also

unbraw

Aplikasi Mahasiswa UB Bisa Panggil Pedagang Keliling

Edupost.id – Tiga mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (UB) membuat aplikasi yang mendukung pemasaran …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *