Senin , 25 September 2017
Home / Kabar Sekolah / Siswa Aceh Keluhkan UN Online Diadakan di Luar jam Sekolah

Siswa Aceh Keluhkan UN Online Diadakan di Luar jam Sekolah

MEULABOH – Ujian Nasional (UN) Computer Based Test (CBT) atau UN online mulai dilaksanakan hari Senin, (13/4). Siswa SMK Negeri 1 Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat yang termasuk mengikuti UN online mengeluhkan ketidaknyamanan mereka saat mengikuti ujian yang dilaksanakan dalam tiga sesi sejak pukul 07.30 WIB sampai 16.00 WIB.

Meskipun tidak ada kendala apapun saat menggunakan komputer, Febri Ramdhan, salah satu siswa di Meulaboh mengaku tidak nyaman mengikuti ujian di luar jam sekolah.

“Biasanya jam 14.00 sampai 16.00 WIB sudah jam istrirahat berada di rumah, jadinya tidak efektif bila jam ini malah menjadi waktu ujian, apalagi semua yang mengikuti UN sesi ke tiga kalau pagi ini belum ada yang datang,” terangnya.

Ramdhan mengusulkan, sekolah seharusnya mempersiapkan semua kebutuhan dan meminta kelulusan siswa agar tidak menjadi ajang percontohan karena jika tidak lulus akan mengancam masa depan mereka.

Kepala SMKN 1 Meulaboh Jufrinal mengungkapkan, UN tiga sesi ini adalah kebijakan pemerintah pusat.

“Benar untuk UN kita laksanakan dalam tiga sesi sesuai arahan pusat, di sini kita masih mendingan karena fasilitas 1:3 sementara di sekolah lain ada yang mesti gunakan laptop siswa,” ucapnya.

UN diadakan serentak pada tanggal 13-15 April 2015. Di Kabupaten Aceh Barat terdapat dua sekolah yang dijadikan pilot project UN CBT yakni SMKN 1 Meulaboh dan SMAN 4 Wira Bangsa dengan total peserta 258 orang siswa dan SMKN I Singkil Utara Kabupaten Aceh Singkil dengan total 339 orang siswa. (ANT/IK-SS)

Check Also

korban kekerasan seksual

Buka Lelang Keperawanan Anak, KPAI Panggil AW

Edupost.id – Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Susanto, mengatakan pihaknya akan memanggil Aris Wahyu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *