Jumat , 20 Januari 2017
Home / Kabar Sekolah / Siswa MAN IC Wakili Indonesia di International Biology Olympiads 2015

Siswa MAN IC Wakili Indonesia di International Biology Olympiads 2015

JAKARTA – Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Serpong, Nagita Gianty Annisa merupakan satu dari empat siswa yang terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang International Biology Olympiads (IBO) 2015 di Aarhus, Denmark pada 12 – 19 Juli mendatang.

Sebelumnya, Nagita telah mengikuti seleksi pelatnas olimpiade biologi di Bandung, namun hanya masuk ke putaran delapan besar saja. perjuangan Nagita dimulai kembali pada tahun 2014. Gadis cantik ini memperoleh  kesempatan langsung mengikuti seleksi olimpiade di tingkat propinsi, bersaing dengan peserta dari Kabupaten/Kota di Provinsi Banten. Nagita pun lolos seleksi dan berhak mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2014 di Mataram, NTB, bersama 96 peserta dari seluruh  provinsi di Indonesia.

Seleksi OSN Biologi  terdiri dari tes teori dan praktikum yang mengacu kepada kegiatan International Biology Olympiad (IBO).  Topik tes teori berkisar kepada materi Biologi Sel dan Molekuler (20%), Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan (15%), Anatomi dan Fisiologi Hewan (25%), Etologi (5%), Genetika dan Evolusi (20%), Ekologi (10%), dan Biosistematika (5%). Sedangkan topik tes praktikum, telah mengacu kepada IBO 2015 yang akan diselenggarakan di Aarhus, Denmark.

Setelah melewati rangkaian tes praktikum dan tes teori di OSN 2014,  Nagita  berhasil memperoleh medali perak. Capaian ini meningkat, karena pada tahun 2013 di Bandung, Nagita meraih medali perunggu.

Selanjutnya,  bersama 30 peserta OSN bidang Biologi lainnya, Nagita mengikuti pelatnas I, yang diselenggarakan di kota Bandung di bawah pembinaan  dosen-dosen ITB yang tergabung dalam Tim Olimpiade Biologi Indonesia (TOBI).  Nagita berhasil masuk 16 besar, dan melanjutkan ke tahap pembinaan  di pelatnas 2 di kota yang sama, di bulan Maret tahun 2015.

Akhirnya, pada Pelatnas 8 Besar IBO 2015, Nagita lolos seleksi dan masuk  empat besar. Ia dinobatkan menjadi duta Indonesia mengikuti IBO 2015 di Aarhus, Denmark. Saat ini, Nagita bersama tiga siswa lainnya terus berjuang mempersiapkan diri menuju IBO 2015 dengan didampingi para Pembina dari TOBI. (Kemenag/IK-SS)

Check Also

Mahasiswa UGM Ikuti Asian Waterbirs Cencus

Lestarikan Burung, Enam Mahasiswa UGM Ikuti AWC

Edupost.id – Enam mahasiswa pecinta alam Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM), Mapala Silvagama, turut …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *