Minggu , 22 Oktober 2017
Home / Kabar Sekolah / Siswa MAN Yogyakarta 1 Lolos ke OSN dengan Nilai Tertinggi se-Indonesia
MAN Yogyakarta 1
MAN Yogyakarta 1

Siswa MAN Yogyakarta 1 Lolos ke OSN dengan Nilai Tertinggi se-Indonesia

Edupost.ID, Yogyakarta – Dwiki Dharmawan, siswa kelas XI IPS 2 MAN Yogyakarta 1 telah dinyatakan lolos mewakili DIY mengikuti Olimpiade Sains Nasional 2016 bidang Ekonomi. Bahkan hal yang lebih membanggakan adalah siswa madrasah unggulan di Yogyakarta ini memiliki nilai tertinggi di antara calon peserta OSN 2016 bidang Ekonomi se-Indonesia.

“Dwiki Dharmawan lolos ke OSN 2016 di Palembang. Menurut kepala Dinas Dikpora DIY, Dwiki memiliki nilai tertinggi se-Indonesia,” ungkap Waka Humas MAN Yogyakarta 1, Hartiningsih.

Dijelaskan Aning, sapaan Hartiningsih, dalam seleksi OSN DIY, Dwiki memperoleh nilai yang sangat tinggi. Bahkan jika dibandingkan dengan peserta dari provinsi lain, Dwiki memiliki nilai tertinggi. Hal ini membuat pihak sekolah maupun DIY yakin bahwa Dwiki akan mampu membawa pulang medali emas ke Yogyakarta.

Melihat peluang yang sangat besar ini, Dikpora DIY pun tak ragu memberikan fasilitas pendampingan yang besar. “Dwiki akan didampingi oleh tujuh dosen ekonomi menuju OSN 2016,” kata Aning.

Ditanya mengenai kepribadian Dwiki, Aning menjawab santai. “Dia anaknya santai banget, seperti tidak ada beban,” terang guru berkaca mata itu. Wajar jika Dwiki tampak tak terbebani menghadapi OSN, karena ketua OSIS MAN Yogyakarta 1 itu sudah pernah menjadi juara nasional. Tahun lalu, Dwiki tercatat menjadi juara 1 nasional pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM), yang diadakan oleh Kementerian Agama.

Aning menambahkan, Dwiki juga akan mendapatkan pendampingan komunikasi Bahasa Inggris. Hal itu dilakukan karena Dwiki berkeinginan melakukan presentasi dengan Bahasa Inggris.

Sebelumnya, pada seleksi OSN kota Yogyakarta, MAN Yogyakarta 1 mengirimkan siswa terbaiknya untuk mengikuti seleksi. Namun, hanya tiga siswa yang lolos ke tingkat provinsi. Dan di tingkat provinsi hanya Dwiki yang lolos ke nasional.

OSN SMA tahun ini akan digelar di Palembang pada 15 – 21 Mei 2016. Sebanyak 9 bidang dilombakan dalam event ini, yaitu Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Astronomi, Kebumian, Komputer, Geografi, dan Ekonomi. Sebanyak 39 siswa akan mewakili DIY pada OSN di PPalemban. (Andi)

Check Also

Pelajar Indonesia Raih Emas di Kejuaraan Karate Internasional

Pelajar Indonesia Raih Emas di Kejuaraan Karate Internasional

Edupost.id – Enam pelajar Indonesia berhasil meraih empat medali emas dalam Kejuaran Karate The 31st Coupe …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *