Kamis , 14 Desember 2017
Home / Kabar Sekolah / Siswa MAN Yogyakarta 1 Ubah Daun Papaya Jadi Bahan Anti Karat

Siswa MAN Yogyakarta 1 Ubah Daun Papaya Jadi Bahan Anti Karat

Edupost.ID – Selama ini daun papaya hanya dimanfaatkan orang untuk sayuran dan pakan ternak. Namun, di tangan Yusuf Farid Ahmad dan Nurul Hikmah Ad-Della, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Yogyakarta 1, daun papaya dapat dimanfaatkan untuk mencegah logam berkarat.

Hasil penelitian mereka dituangkan dalam karya ilmiah berjudul Green Inhibitor Agent : Pemanfaatan Limbah Daun Pepaya sebagai Agen Anti Karat pada berbagai Medium Korosif. Dengan karya ini, Yusuf dan Della telah berhasil menjadi juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Kementerian Agama tahun 2015 kategori IPA. Lomba ini berlangsung di Palembang 3-7 Agustus lalu.

Yusuf menuturkan, ide awal penelitian ini muncul ketika melihat pohon papaya yang berada di samping sekolah dalam kondisi mongering. Kemudian terbesit dalam pikiran kedua anak muda ini  untuk memanfaatkan daun papaya itu. “Kami membaca jurnal tentang kandungan zat dalam daun papaya. Dan ternyata yang baru kami ketahui ada senyawa tanin di dalamnya. Namanya kan penelitian, diawali coba-coba, kami mencoba meneliti apakah daun papaya bias mencegah karat,” ujar Della.

Menurut Yusuf, langkah kerja penelitiannya tidak terlalu sulit. “Kami awalnya memilih daun papaya yang tua tapi belum menguning. Kemudian, memotong kecil-kecil, kemudian dihaluskan dengan blender. Daun papaya yang telah halus kemudian disaring untuk diambil airnya. Air saringan ini dimasukkan ke dalam medium korosif dengan prosentase berbeda,” terang Yusuf.

Kedua peneliti muda ini menambahkan, mereka berencana mempatenkan penelitian ini. Namun, keinginan mereka itu tentunya belum bisa diwujudkan dalam waktu dekat. “Kami masih harus melakukan penelitian lanjutan untuk bisa menentukan dosis terbaik, agar hasilnya lebih valid, kata Yusuf. “Kami juga harus meneliti bagaimana caranya agar air daun papaya dapat disimpan lebih awet, “ tambah Della. (Andi)

Check Also

Tahun 2018 Semua Sekolah Harus Terapkan Kurikulum 2013

Edupost.id – Pada tahun 2018 semua sekolah di Indonesia sudah harus menerapkan Kurikulum 2013. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *