Senin , 24 Juli 2017
Home / Kabar Sekolah / Siswa SMA BBS Menangkan Lomba Paper Statistika Nasional

Siswa SMA BBS Menangkan Lomba Paper Statistika Nasional

Edupost.ID – Siswa SMA Bina Bangsa Sejahtera (BBS) Bogor, Salma Ainindita Syafira berhasil memenangkan Lomba Paper Statistika Nasional. Kompetisi yang diadakan 1st Indonesia Statistics Conference & Olympiad (ISCO) ini bekerjasama dengan Departemen Statistika Institut Pertanian Bogor (IPB), Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS) dengan Ikatan Perstatistikaan Indonesia (ISI).

Ajang 1st ISCO merupakan event yang terdiri dari berbagai perlombaan statistika dan Seminar Nasional Statistika. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dengan mengusung tema “ Implementasi Statistika dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Guna Menyongsong MEA 2015”.

Sebelumnya, para peserta dari 108 sekolah mengirimkan papernya sejak 25 Mei hingga 31 Juli lalu. Selanjutnya terpilih 10 paper terbaik yang dipresentasikan di hadapan para juri.  Dari 10 presenter dipilih 3 terbaik untuk menjadi juara 1, 2 dan 3.

Pada 8 September lalu, paper Salma lolos sebagai 10 terbaik.  Paper yang ditulis oleh putri pertama dari pasangan Wisnuardi dan Suci Sri Hatmani ini mengambil tema “Analisis pengaruh pergerakan harga BBM terhadap aspek sosial”. Papernya yang berjudul “Identifikasi Kemisikinan Sebagai Dampak Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) ini menggunakan data sekunder dari Biro Pusat Staistik (BPS).

Hal menarik dalam kesimpulan papernya itu,  menurut analisa grafik dan uji korelasi dari tahun 2007 hingga 2014, kenaikan harga BBM tidak diikuti oleh meningkatnya jumlah penduduk miskin.

Kesungguhan Salma membuahkan hasil, ia terpilih sebagai juara pertama.  Sementara juara 2 diraih SMA dari Bandar Lampung dan juara 3 diperoleh SMA dari Ponorogo. Atas prestasinya ini, Salma berhak mendapat hadiah piala juara 1 dari ISCO, uang dua juta rupiah dan mendapat Golden tiket untuk kuliah di Statistik IPB atau STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik). (IK-SS)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *