Sabtu , 25 November 2017
Home / Kabar Sekolah / Siswa SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta Raih Emas di Olimpiade Sains

Siswa SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta Raih Emas di Olimpiade Sains

Yogyakarta- Siswa SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta berhasil meraih medali emas dan perunggu di di bidang Rekayasa Teknologi pada ajang Indonesian Science Project Olympiade (ISPO) di Jakarta, Februari 2015 lalu.

Dua tim yang memperoleh penghargaan tersebut yakni, tim pertama beranggotakan Nabila Zabrajad Assyahidah dan Kim Yoo Min berhasil memperoleh medali emas. Mereka meneliti sistem cerdas pengairan tanaman C3 menggunakan sensor kelembaban tanah berbasis jaringan nirkabel.

Sementara, tim kedua beranggotakan Ishania Rizki Melinda dan Laras Wintang Kirana dengan penelitian berjudul smart exam pencil, berhasil meraih perunggu.

Nabila, salah satu anggota tim tersebut, menerangkan bahwa ajang ISPO diadakan selama 2 hari yakni pada tanggal 16-18 Februari 2015. Ratusan tim dari berbagai sekolah di Indonesia menjadi peserta ISPO. Namun saat final, ajang tersebut hanya diikuti 123 tim. “SMA Kesatuan Bangsa sendiri mengirim 12 tim di ajang ini, dengan 23 siswa di berbagai bidang,” ujarnya, seperti diberitakan Republika.

Ia menambahkan, penelitian yang dilakukan timnya berawal dari keprihatinan mereka atas sistem irigasi petani di Indonesia, yang masih tradisional. “Kita menciptakan alat khusus yang mampumelakukan pengairan secara otomatis melalui sensor kelembaban tanah,” terangnya.

Sementara Kim Yoo Min, anggota tim lainnya, menjelaskan bahwa penelitian yang mereka lakukan menggunakan tanaman padi, kedelai, gandum dan kentang yang ditanam di pot. Alat otomatis pengairan yang mereka ciptakan tersebut langsung dihubungkan dengan tanah di pot tanaman dan juga di sistem irigasi melalui pompa air.

Penelitian kedua siswa tersebutakan diikutkan pada ajang yang sama tingkat internasional di Rio De Jeneiro, Brasil tahun ini. Sementara, tim lainnya akan mengikuti ajang internasional di Turki tahun 2015.

Selain kedua tim tersebut, Muhammad Zafran Kasman Artsiantomo, siswa SMA Kesatuan Bangsa juga berhasil memperoleh honorable mention di bidang Biologi. Penelitiannya berjudul simpe anemic indicator.

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *