Minggu , 22 Januari 2017
Home / Kabar Sekolah / Siswa SMKI Wajib Berbusana Jawa Tiap Tanggal 20

Siswa SMKI Wajib Berbusana Jawa Tiap Tanggal 20

Edupost.ID, Bantul – Ada yang berbeda dengan penampilan siswa-siswi SMKN 1 Kasihan Bantul (SMKI Yogyakarta). Jika pada hari biasanya, setiap Senin hingga Kamis mereka memakai pakaian putih abu-abu, maka pada hari ini, Kamis (20/8), mereka terlihat memakai pakaian Jawa khas Yogyakarta. Para siswa tersebut wajib berbusana Jawa setiap tanggal 20.

Para siswa putra memakai bawahan jarik, atasan surjan, bersepatu slop, dan memakai blangkon. Sementara siswa putri memakai bawahan jarik, atasan kebaya.

“Ini kali pertama mereka mengenakan pakaian kejawen gaya Jogja,” ujar Drs. Ardani, M.Pd, wakil kepala bidang kesiswaan sekolah setempat pada Kamis (20/8) pagi. Adani menambahkan, para siswa akan dibiasakan memakai pakaian Jawa setiap tanggal 20.

“Kalau pada tahun yang lalu hanya bapak ibu guru dan karyawan yang memakai pakaian Jawa. Tapi mulai tahun ini siswa juga diwajibkan,” imbuh Ardani.

Pemerintah Kabupaten Bantul memang sudah mewajibkan semua pegawai di lingkungan Kabupaten Bantul, termasuk di sekolah untuk memakai pakaian Jawa gaya Yogyakarta setiap tanggal 20. “Ini kan sekolah seni Jawa, jadi semua siswa akan kami biasakan untuk berpakaian Jawa,” ujar Ardani.

Pantauan Edupost.ID di SMKI Yogyakarta pada Kamis pagi memang terlihat masih ada beberapa siswa yang belum memakai pakaian Jawa. Menanggapi hal itu, Ardani masih bisa memaklumi. “Ini kan baru pertama, jadi kami masih memaklumi. Tapi kedepan, semuanya diwajibkan memakai secara lengkap,” tambahnya. (Andi)

Check Also

Resmi Terbentuk, IGMP Matematika Akan Gelar Konferensi Internasional Matematika

Edupost.ID – Guru matematika di seluruh Indonesia saat ini sudah terwadahi dalam sebuah organisasi baru, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *