Selasa , 12 Desember 2017
Home / Kabar Sekolah / Siswa SMKN 1 Tuban Ciptakan Plastik Pembungkus yang Bisa Dimakan

Siswa SMKN 1 Tuban Ciptakan Plastik Pembungkus yang Bisa Dimakan

YOGYAKARTA – Banyaknya sampah telah menjadi masalah bagi masyarakat ditambah lagi dengan sampah yang sulit untuk terurai di alam, salah satunya adalah plastik. Masalah inilah yang menjadi latar belakang siswa SMK Negeri 1 Tuban membuat plastik pembungkus dari bahan alami (bioplastik). Bahan yang dipakai berasal dari kulit ari kedelai.

Adapun bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan bioplastik adalah kulit ari kedelai, gelatin, tepung tapioka, gliserin, dan aquades. Dalam pembuatannya semua bahan dicampur dan dimasak lalu dicetak dan dikeringkan.

Salah satu anggota tim, Vemmy menambahkan bioplastik ini telah digunakan sebagai plastik pembungkus makanan. Selain dapat terdegradasi oleh mikroorganisme, pembungkus makanan ini dapat dimakan. Namun pembungkus makanan ini tidak memiliki rasa karena dalam proses pembuatan tidak dicampurkan pemanis.

“Sebenarnya pembungkus makanan ini memiliki kandungan protein yang tinggi, yang didapat dari kulit ari kedelai dan gelatin” tandasnya ketika ditemui pada babak final Lomba Karya Ilmiah Remaja yang diikuti oleh tim-tim dari seluruh Indonesia.

Ide ini menjadikan tim dari SMK Negeri 1 Tuban lolos sebagai salah satu finalis pada Lomba Karya Ilmiah Remaja yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia IST AKPRIND Yogyakarta. Adapun babak final dari lomba tersebut dilaksanakan pada hari Senin (18/5/2015) di Kampus 1 IST AKPRIND Yogyakarta.

Pengirim : M. Husain Ali Rabbani

Check Also

Sepuluh Universitas Paling Inovatif Tahun 2017

Pimpinan PTN Harus Siap Hadapi Era Disruption Innovation

Edupost.id – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menyampaikan, pimpinan PTN harus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *