Sabtu , 21 Januari 2017
Home / Kabar Sekolah / Siswa SMP IHBS Jakarta Homestay di Mekkah dan Madinah
Rombongan siswa SMP Ibnu Hajar Boarding School (IHBS) dalam program ‘Homestay di Mekkah dan Madinah’. foto : idasitisolihat

Siswa SMP IHBS Jakarta Homestay di Mekkah dan Madinah

Edupost.id, Jakarta, – SMP Ibnu Hajar Boarding School (IHBS) mengadakan program ‘Homestay di Mekkah dan Madinah’ beberapa waktu lalu. Kegiatan tersebut diikuti 48 siswa dari kelas delapan dan tiga guru pembimbing. Diharapkan, setelah mengikuti program, para siswa mampu mengasah kecerdasan spiritual .

“Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mendekatkan hati anak-anak agar mencintai kedua tempat suci baik dari sisi ulama, simbol-simbol tanah suci dan sejarahnya,” ujar perwakiland ari SMP IHBS, Ida Siti Solihat kepada Edupost.id, Rabu, (30/3).

Tema yang diangkat, ungkap Ida, yaitu Cinta Suci Untuk Tanah Suci. Kegiatan dilangsungkan selama 15 hari sejak tanggal 7-22 Maret 2016. Homestay di Mekah dan Madinah merupakan salah satu metode pendidikan yang berpengaruh bagi siswa. Terutama, terkait era globalsasi yang mengancam generasi muda.

“Oleh karena itu, kegiatan homestay, bukan hanya sekedar seremonial umrah, i’tikaf, shalat dan membaca Al Quran di Masjid Nabawai dan Masjidil Haram. Tetapi, lebih dari itu bagaimana tema kegiatan dapat terwujud dengan baik,” tambahnya.

Menurutnya, kegiatan selama homestay terdiri dari sepuluh macam. “Shalat berjamaah 5 waktu di masjid, shalat malam bersama witir di masjid, mengikuti kajian tiap hari di masjid dengan mencatat minimal 5 mufradat bahasa arab, mengikuti kajian tahsin setiap hari di masjid yang dibimbing oleh para ulama tanah suci, Mengunjungi Universitas Islam Madinah dan Ummul Qura, “ jelasnya

Aktivitas lainnya, lanjut Ida, bersilaturrahmi dengan para ulama besar dan Imam Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Kemudian berkunjung ke Islamic Center dan beberapa museum sejarah dua kota suci serta sejarah Nabi Muhammad. Tidak lupa pula berolahraga dan menjelajah Kota Jeddah. (Nisa)

Check Also

Menghardik Anak “Nakal” dapat Membuatnya Takut

Edupost.ID- Saat kekesalan sudah memuncak, tidak jarang orang tua menghardik anak dengan mengatakan, “Anak Nakal” …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *