Senin , 19 Februari 2018
Home / Kabar Sekolah / Siswa SMP Mugadeta Berlaga dalam Lomba Robotik di Singapura
Tim SMP Mugadeta Borong Juara di Osaka Robotic Games
Tim SMP Mugadeta Borong Juara di Osaka Robotic Games

Siswa SMP Mugadeta Berlaga dalam Lomba Robotik di Singapura

Edupost.id – SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta (Mugadeta) mengirimkan Tim Robotik siswa untuk berlaga di ajang Singapore Robotic Games 2018, Rabu-Kamis (24-25/1) di Science Centre Singapura. Tim bertolak ke ajang yang digelar oleh Nanyang Technology University (NTU) Singapura ini pada Selasa (23/1).

Waka Kesiswaan SMP Mugadeta, Ary Gunawan mengatakan, di ajang ini, tim robotik SMP Mugadeta diwakili oleh tiga tim yang terdiri dari 9 siswa. Mereka akan berlaga di dua kategori, yakni Sumo RC dan School Robotic.

“Harapan kami anak bisa mendapatkan pengalaman kompetisi internasional. Berharap juara itu pasti, tetapi kami realistis melihat persaingan yang ketat,” ujar Ary, Senin (22/1).

Tiga tim yang dikirimkan sekolah ini adalah Platinum Warrior, Platinum Ranger, dan Platinum Ultra. Tim Platinum Warrior beranggota Muhammad Fadhil Rafi Samekto, Windy Fakhriyyah Satwikantyas, dan Linda Yanti.

Tim Platinum Ranger terdiri dari Muhammad Ilyas Rahmadani, Alifsha Permata Hati Bunda, dan Ajeng Purwaniaratih Puspitaningrum. Sedangkan tim Platinum Ultra beranggotakan Arsy Muhammad Rafi Haikal, Fara Alya Amrina Rosyada, dan Nisriina Alya Dewi.

Dijelaskan, kompetisi ini diikuti oleh tim robotik dari negara-negara di Asia. Untuk kategori usia, kata Ary, peserta kompetisi ini berasal dari siswa SD sampai perguruan tinggi. Ini merupakan kompetisi terbuka, sehingga membuka kesempatan banyask peserta dari berbagai negara untuk ambil bagian.

Menurut Ary, sebelum bertolak ke Singapura, timnya sudah mempersiapkan diri dengan semaksimal mungkin. Bentuk persiapan dengan menggelar latihan intensif dan mencoba membuat robot khusus.

“Kami latihan khusus dan membuat robot khusus sesuai spec lomba. Karena tidak seperti lomba biasanya di Indonesia, robot yang digunakan di kompetisi ini berbeda. Ini gabungan dua jenis robot: line follower dan transporter, jadi biaya perakitan juga jauh lebih mahal, pungkasnya. (Andi)

Check Also

Tim SMP Mugadeta Boyong Piala Kompetisi Robot Nasional

Edupost.id – Tim Robotik SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta (Mugadeta) kembali mencatatkan namanya sebagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *