Rabu , 24 Mei 2017
Home / Kabar Sekolah / Siswa SMSR Yogyakarta Pamerkan Karya Tugas Akhir

Siswa SMSR Yogyakarta Pamerkan Karya Tugas Akhir

Edupost.ID, Yogyakarta – Siswa Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR) Yogyakarta memamerkan karya tugas akhir di Taman Budaya Yogyajarta (TBY) tanggal 8 – 10 April 2015. Bertajuk ‘Art Paradise’, pameran ini menyajikan ratusan karya seni rupa, seni lukis, seni patung, desain komunikasi visual, animasi, kriya kayu dan kriya keramik.

Kepala SMSR, Rakhmat Supriyono, menilai pameran ini penting bagi para siswa karena merupakan syarat yang harus dipenuhi dalam kelulusan. “Pameran ini merupakan syarat wajib kelulusan setiap siswa. Meski wujudnya tugas akhir, setiap siswa diharapkan memiliki jiwa seni. Tidak hanya sebatas persyaratan wajib kelulusan,” katanya dalam pembukaan pameran (8/4).

“Dari sini kita memetik hikmah bahwa dalam berkesenian pun memerlukan proses. Karya-karya besar Van Gogh awalnya tidak diakui, baru setelah meninggal kolektor memburu karyanya. Sehingga perlu adanya usaha lebih dan jangan cepat putus asa untuk menghidupkan seni,”  lanjut Rakhmat.

Dia juga berharap dalam menggeluti seni tidak dalam tekanan. Artinya benar-benar menyukai secara tulus tanpa paksaan. Apalagi seni menyangkut ngrasa yang dimiliki oleh masing-masing seniman. Jiwa inilah yang diinginkan ada di setiap siswa SMSR dengan adanya pameran ini.

Pameran menyajikan 179 karya dari enam jurusan di SMSR. Beragam karya ini mampu menghadirkan warna yang berbeda. Baik itu dari lukis, patung, desain komunikasi visual, animasi, teknik kriya hingga teknik keramik. (Andi)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *