Rabu , 26 Juli 2017
Home / Kabar Sekolah / Siswa YPT Terancam Tidak Dapat Ikuti UN 2016

Siswa YPT Terancam Tidak Dapat Ikuti UN 2016

Edupost.ID, Surabaya – Sengketa tanah antara Yayasan Pendidikan Trisila (YPT) dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (PT RNI), membuat Dinas Pendidikan Kota Surabaya secara tertulis menyatakan tidak akan memperpanjang Ijin Operasional Sekolah. Bahkan tidak hanya itu, para siswa dibawah YPT ini terancam tidak dapat mengikuti UN 2016.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya melarang sekolah-sekolah YPT melakukan pendaftaran UN dengan alasan tidak memiliki ijin operasional sekolah, bahkan profil sekolah sebagai prosedur pendaftaran peserta UN di blokir oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Padahal YPT telah berdiri selama 58 tahun.

Setelah diijinkan menumpang ujian dengan sistem UNBK, ternyata para siswa YPT tidak boleh mengikuti ujian disekolahnya sendiri walaupun YPT sudah dinyatakan layak menyelenggarakan UNBK oleh pihak berwenang.

Para siswa YPT harus menumpang di sekolah sub rayon untuk dapat mengikuti UN dan memindahkan seluruh isi labotarium komputernya dan membangun jaringan sendiri di sekolah tumpangan. Namun,YPT sendiri tidak dapat menyanggupinya karena tidak memiliki dana, sementara kemdikbud melarangan untuk memungut biaya UNBK. Akibatnya, para siswa tidak dapat mengikuti UN.

Tidak hanya itu, secara sepihak Dinas Pendidikan Kota Surabaya memblokir dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)  tahun 2015 untuk SD dan SMP YPT, sehingga tidak bisa digunakan untuk kepentingan sekolah dan peserta didik.

Selama ini sengketa lahan terjadi, Disdik Surabaya tidak pernah mengundang pihak YPT  untuk berdialog membahas berbagai keputusan Dinas Pendidikan Kota Surabaya yang menyangkut sekolah-sekolah dibawah naungan YPT. (FSG/IY)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *