Kamis , 19 Oktober 2017
Home / Kabar Sekolah / SLB Sejahtera Ajarkan Melihat dengan Hati

SLB Sejahtera Ajarkan Melihat dengan Hati

Edupost.ID – Sekolah Luar Biasa (SLB) Bogor, khusunya di kelas tunanetra punya cara sendiri dalam mendidik siswanya. Meskipun siswanya tidak mampu melihat dengan mata, mereka tetap bisa melihat dengan hati.

“Bila mata tidak bisa melihat, maka melihatlah dengan hati melalui telinga,” ujar Leni Kusmiati, Kepala Sekolah SLB Sejahtera Bogor pada Edupost.ID, (5/12).

Leni menerangkan, menanamkan pendidikan kepada anak penyandang disabilitas merupakan sebuah pekerjaan yang berat karena membutuhkan banyak kesabaran. Memberikan kasih sayang juga diperlukan agar mereka tetap semangat dalam belajar di kelas.

Menurutnya, para siswa harus dilatih mandiri sejak dini. Seperti berlatih mencari kamar mandi, ruangan kelas, ruangan kepala sekolah dan lain-lain dengan iringan tepuk tangan dari gurunya. Para siswa harus mendengar dengan telitih arah suara tepuk tangan dari gurunya agar mereka tidak tersesat.

“Hari ini pelajaran yang diberikan yaitu tentang warna, bentuk, rasa, TIK, tumbuhan, keadaan, buah-buahan dan sayur-sayuran,” tambahnya.

Muhammad Soleh, guru tunanetra di kelas tunanetra menerangkan, kelas untuk tunanetra di SLB Sejahtera hanya terdapat satu ruangan untuk jenjang SD. Muridnya berjumlah empat orang dan diisi oleh kelas 1-3 SD. Untuk SMP ruangan kelasnya di lantai dua. Jam pelajaran terbagi menjadi dua tergantung dari kelasnya, kelas 1-3 dari jam 8.00 WIB – 10.30 dan untuk kelas 4, 5, 6, SMP dari jam 8.00 WIB – 12.00 WIB. (Nisa)

Check Also

Cara Mengajarkan Membaca kepada Anak dengan Cepat

Cara Mengajarkan Membaca kepada Anak dengan Cepat

Edupost.id – Kadang orangtua atau guru mengalami kesulitan dalam mengajarkan membaca kepada anak. Ada banyak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *