Selasa , 24 Januari 2017
Home / Kabar Sekolah / SMA PGRI 3 Bogor Jalani K-13 Tanpa Beban

SMA PGRI 3 Bogor Jalani K-13 Tanpa Beban

Edupost.ID – Kurikulum 2013 atau K-13 masih diberlakukan di beberapa SMA di Kota Bogor seperti di SMA PGRI 3. Kurikulum yang mengharuskan siswa lebih aktif ini dinilai tidak terlalu sulit diberlakukan, seperti yang dialami pihak SMA PGRI 3 Kota Bogor.

“Dalam penerapan K-13 yang sebelumnya dari pihak sekolah sih enjoy saja. Kami merasa dalam menjalani K-13 tidak ada beban,” ujar Lilis Anis, Wakil Kepala Kurikulum SMA PGRI 3 Kota Bogor kepada Edupost.ID, hari ini (3/12).

Banyaknya tugas yang diberikan kepada para siswa, menuntut agar mereka lebih aktif berperan di kelas. Lilis menambahkan, diberlakukan atau tidaknya K-13 di sekolah, tugas yang diberikan untuk siswa akan selalu banyak. Jadi K-13 tidak terlalu sulit bagi pihak sekolah dan bagi para siswa.

Menurutnya, penggunaan K-13 di SMA PGRI 3 memberikan guru kesempatan untuk mengumpulkan berbagai aspek dalam memberikan penilaian kepada siswanya. Aspek yang dinilai yaitu aspek kognitif, aspek afektif dan aspek sikap. Penilaian yang dilakukan dikelompokkan menjadi dua yaitu penilaian individu dan penilaian kelompok.

Lilis beranggapan bahwa K-13 cukup bagus jika diterapkan di sekolah. Hanya saja ada beberapa yang harus diperhatikan agar K-13 lebih sempurna. Seperti merubah paradigma guru agar lebih terbuka lagi dalam menilai para siswanya serta perlu adanya dukungan orangtua siswa yang besar agar anak-anaknya bisa belajar dengan baik di sekolah maupun di rumah. (Nisa)

Check Also

Indonesia Bergejolak, BEM SI Gelar Musyawarah Nasional

Indonesia Bergejolak, BEM SI Gelar Musyawarah Nasional

Edupost.ID – Pasca kisruh dan mandeknya tuntutan aksi bela rakyat 121 yang diselenggarakan di 19 …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *