Sabtu , 21 Januari 2017
Home / Kabar Sekolah / Smagal, Sepeda Motor Anti Begal Karya Siswa SMK
Smagal, Sepeda Motor Anti Begal Karya Siswa SMK
Smagal, Sepeda Motor Anti Begal Karya Siswa SMK

Smagal, Sepeda Motor Anti Begal Karya Siswa SMK

Edupost.id – Merespon maraknya aksi begal terhadap pengendara kendaraan bermotor, seorang siswa SMK Diponegoro Depok Sleman membuat sebuah alat yang dapat mematikan sepeda motor dari jarak jauh. Alat yang diciptakan oleh M Khoirulloh Muharrom, kelas XII Jurusan Teknik Sepeda Motor, SMK Diponegoro Depok ini dinamakan ‘Smagal’ (Sepeda Motor Anti Begal).

Diterangkan Khoirullah, Smagal dipasang di dalam jok motor. Ketika pemilik motor mengirim pesan ke nomor yang tertanam di alatnya, Smagal mampu mematikan sesuai perintah pemiliknya. Jika pemilik mengetik ‘OFF’ dari ponsel dan mengirim ke nomor yang ditanam di alat terebut maka motor akan mati dengan sendirinya.

“Pesan akan masuk ke modem yang berisi kartu perdana dan mikro kontrol bernama Arduino. Kontrol itu akan mengubah perintah pesan menjadi perintah gerak, mengalirkannya ke ‘relay’ dan ‘relay’ akan mematikan kelistrikannya,” kata Khoirulloh.

Tidak hanya mematikan motor dari jarak jauh, alat ini juga bisa menghidupkan motor dari jarak jauh pula. Untuk menghidupkan motor dari jarak jauh, pemilik tinggal mengetik ‘ON’ dari ponsel. Begitu pesan terkirim otomatis mesin akan menyala malalui starter elektrik.

Rencananya, Khoirulloh akan tetap melakukan pengembangan pada alat ciptaannya ini. Ia berrencana akan menambahkan sistem Global Positioning System (GPS) pada Smagal. Selain itu, ia juga berupaya menambahkan aplikasi Smagal yang bisa diunduh di semua platform. Aplikasi ini diharapkan mampu memnjadi solusi melacak keberadaan motor-motor yang hilang. (Andi)

Check Also

SMP Al Azhar Yogyakarta Ubah Ampas Tebu Jadi Papan

SMP Al Azhar Yogyakarta Ubah Ampas Tebu Jadi Papan

Edupost.Id – Di tangan dua siswa SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta, ampas tebu ternyata …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *