Minggu , 28 Mei 2017
Home / Kabar Sekolah / SMAN 1 Klakah Ciptakan Terigu Berbahan Dasar Bonggol Pisang

SMAN 1 Klakah Ciptakan Terigu Berbahan Dasar Bonggol Pisang

LUMAJANG – Tepung terigu yang menjadi bahan dasar utama dalam industri pembuatan kue atau jenis makanan lainya, umumnya diolah dari gandum. Namun, penemuan terbaru dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, berhasil menciptakan tepung terigu berbahan dasar dari limbah bonggol pisang.

“Di sini bonggol pisang jadi limbah, maka kami manfaatkan menjadi tepung terigu,” ujar Kepala Sekolah SMA N 1 Klakah Pudji saat mengunjungi proses pembuatan tepung terigu.

Pudji menuturkan, penemuan ini berdasarkan penelitian adanya kandungan serat dan karbohidrat yang baik pada bonggol pisang.

Setelah itu, tepung itu diteliti lebih lanjut bekerja sama dengan berbagai pihak yang terkait untuk diolah menjadi tepung terigu. “Hasil turunan tepung terigu masih banyak lagi. Ini hanya bahan dasar membuat kue,” terangnya.

Hasil turunan tepung itu bisa diolah menjadi brownies, kue kering dan dodol. Produk yang berbahan dasar tepung bonggol pisang ini, hasilnya lebih bagus daripada tepung pabrik. Hal ini disebabkan tepung bonggol pisang kaya serat.

Satu bungkus tepung bonggol pisang seberat satu kilogram dihargai Rp 5.500 atau lebih murah dari tepung pabrikan yang rata-rata harganya mencapai Rp 7.500.

Pudji menjelaskan, saat ini masih dalam tahap pengembangan agar tepung bonggol pisang bisa diolah lagi menjadi mie, biskuit atau sereal.

Ia melanjutkan, untuk menghilangkan kadar getah dan racun bonggol pisang, perlu direndam dengan air kapur berkali-kali sebelum dicuci dengan air bersih. Kemudian dijemur hingga kering, serta diparut sampai halus untuk kembali diolah menjadi tepung. (ANT/IK-SS)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *