Rabu , 20 September 2017
Home / Kabar Sekolah / SMAN 1 Tanta Tabalong Mengolah Sampah jadi Uang

SMAN 1 Tanta Tabalong Mengolah Sampah jadi Uang

KALSEL- Sampah kerap menjadi masalah lingkungan bila tak dikelola dengan baik. Inilah yang mendasari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Tanta, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mengelola bank sampah hingga memiliki nilai guna bahkan menghasilkan rupiah.

Salah satu pengelola bank sampah Sumber Rezeki milik SMA Negeri 1 Tanta, Aida Mahfuzah menyebutkan, sejak April 2014 hingga saat ini omzet bank sampah yang mereka kelola telah mencapai Rp2,5 juta.

“Dengan menjadi nasabah bank sampah, kita bisa mengelola sampah menjadi rupiah karena kami berharap para siswa maupun masyarakat bisa berkontribusi dalam pengelolaan sampah agar tidak menjadi masalah lingkungan,” ujar Aida, dilansir ROL.

Aida memotivasi SMA Negeri 1 Tantamelalui gerakan ‘Ayo ke Bank Sampah’ saat acara Kampanye Hijau bertema ‘Mengubah Sampah Menjadi Rupiah, Menggunakan Sampah Menjadi Berkah.’

Acara kampanye tersebut dihadiri sekitar 113 siswa, guru, tokoh masyarakat serta sekolah se-Tabalong.

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani saat membuka secara resmi kampanye hijau 2015 ini menyerukan seluruh komponen masyarakat agar mendukung upaya pengelolaan sampah.

“Saat ini sekitar 60 persen sampah terangkut sedangkan sisanya menjadi masalah lingkungan karena itu kita harus mengubah cara pandang terhadap sampah yang dulunya sesuatu tidak berguna jika dikelola bisa menghasilkan uang,” papar Anang.

Produksi sampah di Tabalong mencapai 206 meter kubik per hari dan 80 persen diantaranya diproduksi dari Kecamatan Tanjung dan Murung Pudak.

Check Also

Universitas Pertamina

Universitas Pertamina Tumbuhkan Pemahaman Teknologi Siswa SMA

Edupost.id – Pesatnya perkembangan teknologi informasi di masyarakat saat ini, Universitas Pertamina melalui slogannya, “Be …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *