Selasa , 18 Desember 2018
Home / Kabar Sekolah / SMAN 2 Bantul Canangkan Sekolah Adiwiyata Mandiri
SMAN 2 Bantul
SMAN 2 Bantul Canangkan Sekolah Adiwiyata Mandiri

SMAN 2 Bantul Canangkan Sekolah Adiwiyata Mandiri

Edupost.id – SMAN 2 Bantul akhirnya mencanangkan diri sebagai sekolah Adiwiyata Mandiri. Predikat Adiwiyata Mandiri dapat disandang oleh sekolah setelah berhasil menyandang gelar Adiwiyata secara berjenjang mulai dari kabupaten, propinsi, hingga nasional.

Kepala SMAN 2 Bantul, Isdarmoko menjelaskan, Adiwiyata merupakan sekolah yang unggul dalam Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) serta kepedulian sekolah terhadap lingkungan. Sekolah ini meraih Adiwiyata Kabupaten Bantul pada 2014. Di tahun 2015, SMAN 2 Bantul meraih Adiwiyata Propinsi dan pada tahun 2016 meraih Adiwiyata Nasional.

“Dalam jangka waktu maksimal tahun 2019 harapan kami sudah bisa meraih Adiwiyata Mandiri,” katanya.

Ada beberapa komponen sekolah adiwiyata ini yaitu, kurikukum berbasis lingkungan yang terintergrasi dalam mata pelajaran. Komponen lainnya yaitu kegiatan lingkungan berbasis partisipatif seluruh warga sekolah serta pengelolaan sarana yang ramah lingkungan.

Ditambahkan, pencanangan adiwiyata mandiri ini sejalan dengan raihan prestasi sekolah dalam berbagai bidang. Keseluruhan prestasi itu di antaranya, sekolah berbasis budaya, sekolah berwawasan gender, sekolah berbudaya literasi, sekolah berbasis riset, sekolah siaga bencana, adiwiyata sekolah dan sekolah model penjaminan mutu.

Pencanangan predikat adiwiyata mandiri dilakukan saat peringatan puncak HUT ke-42 SMAN 2 Bantul, beberapa hari lalu. Pada acara itu juga diluncurkan penggunaan batik warna alam yang merupakan program unggulan Sekolah Adiwiyata Mandiri SMA N 2 Bantul.

“Batik warna alami menjadi unggulan karena sangat memperhatikan lingkungan dari pencemaran,” katanya. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=