Jumat , 20 Januari 2017
Home / Kabar Sekolah / SMAN 3 Yogyakarta Rekrut Calon Peserta OSN Sejak Dini

SMAN 3 Yogyakarta Rekrut Calon Peserta OSN Sejak Dini

Edupost.ID, Yogyakarta – Dalam upaya mempersiapkan diri menghadapi Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015, SMAN 3 Yogyakarta telah mengupayakan sejak setahun yang lalu. Sejak kelas 10, sudah dilakukan rekruitmen calon peserta olimpiade.

Demikian disampaikan oleh Koordinator Lomba dan OSN SMAN 3 Yogyakarta, Didik Purwaka, S.Pd. ketika ditemui Edupost.ID di laboratorium Biologi Selasa (28/4).

Didik mengatakan, semua siswa kelas 10 diwajibkan untuk mendaftarkan diri dalam seleksi olimpiade. “Semuanya wajib mendaftar, tetapi disesuaikan dengan bakat dan minat masing-masing,” ujar Didik.

Semua siswa akan diberikan tes sesuai bidang pilihan. Namun, ada beberapa siswa yang boleh langsung masuk tanpa tes. “Ada yang masuk tanpa tes, mereka ini yang pernah menjadi juara OSN di SMP”, ujarnya.

Didik menambahkan, bahwa sekolah hanya akan mengambil 25 siswa untuk tiap bidangnya. Para siswa tersebut, menurut Didik, akan dilibatkan dalam olimpiade tingkat Kota Yogyakarta. “Dari 25 orang ini akan diseleksi kembali untuk masuk ke tingkat kota”, terangnya.

Didik melanjutkan, bahwa selain guru, pihak sekolah juga melibatkan alumni yang pernah mengikuti OSN sebagai tim pendamping. “Para alumni ini kan yang memiliki pengalaman di lapangan, jadi kita libatkan”, lanjutnya.

SMAN 3 Yogyakarta dipastikan akan mengirimkan tiga siswa terbaiknya di ajang OSN 2015. Ketiga siswa yang dimaksud adalah Fatwa Azam Maulana (kelas 11) untuk bidang fisika, Sukma Hanindya Sari (kelas 11) untuk bidang kebumian, dan Ernita Sari (kelas 11) untuk bidang astronomi. (Andi)

Check Also

Fahutan IPB Lepas Peserta Ekspedisi Flora Fauna Indonesia

Fahutan IPB Lepas Peserta Ekspedisi Flora Fauna Indonesia

Edupost.ID- Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor (IPB) melepas 73 mahasiswa dan 1 dosen pendamping Eksplorasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *